Renungan oleh: RP. Ambrosius, MSF

Jumat, 13 Agustus 2021

PEKAN BIASA XIX

Yos. 21:1-13

Mat. 19:3-12

 

Saudara/i yang terkasih…

Setiap panggilan hidup adalah kehendak dan anugerah Allah yang harus kita syukuri. Namun perlu disadari bahwa setiap hari bahkan setiap detik, Allah memanggil kita untuk mengambil bagian dalam kebaikan dan cinta-Nya.

Panggilan ini dialami oleh bangsa Israel. Mereka dipanggil untuk mencintai Allah karena Allah telah lebih dahulu mencintai mereka dengan memanggil Abraham, membawa mereka keluar dari Mesir dan memberikan tanah Kanaan menjadi tempat tinggal mereka. Karena kasih Allah inilah maka sebelum wafatnya, Yosua kembali mengingatkan bangsa Israel untuk tetap setia kepada Allah.

Saudara/i yang terkasih…

Panggilan hidup setiap manusia ditegaskan oleh Yesus dalam Injil hari ini. Yesus berkata : “ada orang yang tidak dapat kawin karena ia dilahirkan demikian dari rahim ibunya, dan ada orang yang dibuat demikian oleh orang lain, dan ada orang yang membuat dirinya demikian karena kemauannya sendiri, demi Kerajaan Surga”. Jadi panggilan hidup adalah anugerah Allah yang membutuhkan juga kerjasama dengan manusia. Oleh karena itu, maka marilah kita syukuri setiap panggilan hidup kita masing-masing. Jangan pernah menjadi pribadi yang tegar tengkuk dan atau keras kepala, namun marilah kita masuk dalam samudera kasih Allah sehingga kita dapat mengerti kehendak kasih-Nya. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

 

(P. A. L. Tereng MSF)

Di tengah ombak – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Masa Prapaskah 2022, Tahun C : Menyambut Paskah Tuhan