Sumber Foto: https://www.ncronline.org/

Minggu, 28 November 2021
MINGGU ADVEN I

Yer. 33:14-16
1Tes. 3:12-4:2
Luk. 21:25-28.34-36

 

Saudara/i yang terkasih…
Waktu dan masa silih berganti; berbagai peristiwa yang terjadi membuat manusia cemas, takut dan gelisah. Bahkan ada yang mati karena cemas dan takut. Situasi ini mengajak manusia untuk berjaga-jaga.
Hari ini, kita memasuki masa Adven. Bacaan-bacaan suci pada hari Minggu Adven yang pertama ini mengajak kita untuk berjaga-jaga dalam menantikan kedatangan Tuhan.
Dalam bacaan Injil Yesus mengajak para murid-Nya agar berjaga-jaga dan berdoa agar tidak jatuh dalam tawaran dunia yakni pesta pora dan kemabukan.

Saudara/i yang terkasih…
Sikap berjaga-jaga juga ditegaskan oleh Nabi Yeremia dalam bacaan pertama. Sikap dan tindakan berjaga-jaga dapat mewujudkan ketentraman dalam hidup dan keadilan dalam hidup.
Hal ini senada dengan apa yang disampaikan oleh Rasul Paulus yakni hidup dalam kasih. Orang yang berjaga-jaga harus rela mengasihi sesamanya agar tercipta ketentraman dalam hidup.

Saudara/i yang terkasih…
Masa Adven menjadi kesempatan bagi kita untuk berjaga-jaga dan berdoa serta hidup dalam kasih. Berjaga-jaga adalah sikap dan tindakan yang aktif : mengaktifkan seluruh diri dan panca Indra agar dapat melihat, mendengarkan, merasakan dan membaui peristiwa kasih Allah dalam hidup serta mampu bertindak aktif untuk membantu sesama agar dapat melihat Anak Manusia yang datang dalam kemuliaan-Nya. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

(P. A. L. Tereng MSF)
Gerimis – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Hening dan Diam