Senin, 01 November 2021
HR. SEMUA ORANG KUDUS

Why. 7:2-4.9-14
1Yoh. 3:1-3
Mat. 5:1-12a

 

Saudara/i yang terkasih…
Sukacita dan kebahagiaan adalah situasi yang diperjuangkan dan menjadi harapan semua orang. Sukacita dan kebahagiaan yang diperjuangkan bukan hanya di dunia ini tetapi juga di Surga Kelak.
Hari ini, bersama seluruh Gereja, kita merayakan Hari Raya Semua Orang Kudus. Bacaan-bacaan Hari ini menggambarkan bagaimana keadaan para Kudus di Surga. Rasul Yohanes dalam Kitab Wahyu mengisahkan bahwa ia melihat kumpulan besar orang banyak yang tak terhitung jumlahnya; mereka terdiri dari segala suka, bahasa, kaum dan bangsa yang berdiri di depan tahta Allah dan Anak Domba untuk memuji dan memuliakan Allah. Mereka adalah orang-orang yang bersukacita dan berbahagia yang telah melihat Kristus dalam keadaannya yang sebenarnya yakni dalam kemuliaan-Nya.

Saudara/i yang terkasih…
Sukacita dan kebahagiaan di Surga harus sudah dimulai dan diperjuangkan dalam hidup di dunia ini. Yesus dalam bacaan Injil menegaskan tentang siapa yang bersukacita dan berbahagia yakni mereka yang miskin di hadapan Allah, yang berdukacita, yang lemah lembut, yang lapar dan haus akan kebenaran, yang murah hati, yang suci hati, yang membawa damai, yang dianiaya demi kebenaran dan mereka yang dicela, dianiaya, dan difitnah karena iman akan Yesus. Mereka inilah orang-orang yang bersukacita dan berbahagia. Mengapa? Karena seluruh diri dan hidupnya dipasrahkan seutuhnya pada Allah. Apakah dalam ziarah hidupku, aku juga termasuk orang yang bersukacita dan berbahagia?

Saudara/i yang terkasih…
Perayaan hari ini mau menegaskan kepada kita bahwa kita memiliki harapan untuk bersukacita dalam surga. Selain itu, kita juga selalu didoakan oleh para Kudus di Surga dan sekaligus mengajak kita semua untuk mengejar kekudusan dan kesucian di dunia ini. Maka marilah kita berusaha untuk menjadi pribadi yang bersukacita dan berbahagia karena kita semua dipanggil untuk mengambil bagian dalam kekudusan Allah. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Misa Harian Sabtu Pekan Biasa XXIV, 18 September 2021

(P. A. L. Tereng MSF)
Jahe hangat – Mu-Sa-Fir