Caritas dan PSE (Pengembangan Sosial Ekonomi) adalah lembaga yang memiliki visi keberpihakan pada yang lemah, miskin dan terlantar serta difabel : Pelayanan sosial kemanusiaan tanpa membedakan latar belakang suku budaya dan ras. Sejak tahun 1950-an APP (Aksi Puasa Pembangunan) menjadi ciri khas pada Gereja Katolik di Indonesia. Kardinal Justinus Darmojuwono selaku Ketua Wali Gereja Indonesia mengubah PWI Sosial MAWI menjadi Komisi PSE – KWI.

Spirit keberpihakan terus disuarakan oleh Gereja dengan berpedoman pada Ajaran Sosial Gereja. Martabat manusia menjadi subjek yang harus diperhatikan dan terus ditempatkan pada inti dinamika sosial manusia. Kerasulan PSE sepertinya dipahami sebagai kegiatan yang bergerak dalam bidang pemberdayaan dan penyadaran bagi karya Gereja.

CARITAS merespon bencana banjir September 2021

Ada aspek yang perlu mendapat perhatian dari Gereja yakni kebencanaan , ketersediaan lembaga, tenaga yang bergerak pada bidang respon kemanusiaan dan kebencanaan. Bencana alam dalam berbagai bentuk (tsunami, letusan gunung, gempa bumi, likuifaksi, banjir dan kebakaran) Memberikan kesadaran baru bagi Gereja di Indonesia. Gereja harus juga bertindak dan bersikap untuk melaksanakan respon, mitigasi, pemulihan dan penyadaran. Maka pada tanggal 17 Mei 2006 KWI (Konferensi Waligereja Indonesia) mendirikan Yayasan KARINA dengan mandat sebagai pusat koordinasi, fasilitasi dan animasi Gereja Katolik di Indonesia dalam menjalankan misi kemanusiaan, terlebih untuk membantu para korban bencana alam dan bencana yang disebabkan  perilaku manusia. Caritas Juga menjalankan isu-isu pelanggaran Hak Asasi Manusia, konflik dan kekerasan sosial, dialog antar agama dalam aksi kemanusiaan, ketidakadilan, gender dan berbagai tindak ketidakadilan sosial. Caritas terlibat dalam pelayanan di bidang kemanusiaan seperti tanggap darurat, kegiatan PRB, Pembangunan Ketangguhan Masyarakat, dan peningkatan kapasitas untuk Lembaga-lembaga sosial Keuskupan.

Caritas membantu Program Vaksinasi Covid-19 Mei 2021

Kegiatan Yang Telah Dilaksanakan Oleh Caritas PSE Banjarmasin :

  1. Ketahanan Pangan
  2. Membantu Program Vaksinasi
  3. Respon Banjir
Baca Juga:  Ayo Paripurna Membaca Kitab Suci Bersama Online!