Jumat, 21 Januari 2022
PW. St. Agnes, Perawan dan Martir
Hari Keempat Pekan Doa Sedunia

1Sam. 24:3-21
Mrk. 3:13-19

“Satu perjumpaanmu dengan Yesus, mampu mengubahmu menjadi pribadi yang baru selamanya”

Saudara/i yang terkasih…
Setiap agama mengajarkan kebaikan dan pengampunan. Namun tidak semua pemeluk agama melaksanakan hal ini karena egoisme pribadi dan juga karena didorong oleh hasrat untuk menguasai orang lain. Inilah yang dilakukan oleh Saul. Dia dikuasai oleh hasrat untuk menguasai maka ia mengejar Daud untuk dibunuh. Hasrat ini berbeda dengan apa yang dimiliki oleh Daud. Ia memiliki hati yang baik dan rela untuk mengampuni. Walaupun Saul sudah diserahkan oleh Allah kepadanya namun ia tidak membunuhnya; ia memilih yang terbaik yakni mengampuni Saul.
Mengapa? Karena Daud dipanggil oleh Allah untuk menjadi raja Israel karena kebaikan dan kerendahan hatinya.

Saudara/i yang terkasih…
Berkaitan dengan panggilan, Yesus dalam Injil hari ini memanggil dan menetapkan dua belas orang untuk menyertai Dia, mewartakan Injil dan diberi kuasa untuk mengusir setan. Dua belas orang ini dipanggil dengan namanya masing-masing. Hal ini menegaskan bahwa Yesus menyapa mereka pribadi per pribadi dan atas dasar kehendak Yesus sendiri.
Kita pun dipanggil secara pribadi dengan nama kita masing-masing dan ditetapkan oleh Tuhan untuk menjadi pewarta Injil-Nya. Bagaimana caranya? Dengan hidup penuh cinta kasih kepada semua orang dan rela untuk mengampuni orang yang bersalah kepada kita. Ini adalah panggilan hidup Kristiani yang harus kita laksanakan dalam hidup sehari-hari mulai dari Keluarga dan komunitas kita masing-masing. Sanggupkah kita melakukan panggilan hidup tersebut? Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Kasih-Nya untuk Semua Orang

(P. A. L. Tereng MSF)
Pucuk merah – Mu-Sa-Fir