Dewan Karya Pastoral (DKP) Keuskupan Banjarmasin telah mengadakan evaluasi akhir tahun 2020, namun juga merencanakan berbagai program kerja melalui komisi, delegatus atau unit yang dimilikinya di tahun 2021. Tak terasa menjelang Semester I rencana tersebut telah berjalan dan pada 14 Juni 2021 Dewan Harian beserta perangkatnya mengadakan pertemuan di Aula Sasana Bhakti Gereja Veteran Banjarmasin, membahas laporan realisasi kegiatan, evaluasi dan menetapkan rencana kerja Semester II, sampai akhir tahun nanti.

Penekanan Tahun Pastoral 2021 berdasarkan Arah Dasar Keuskupan Banjarmasin adalah Gereja Berdialog. Penekanan rencana pastoral diarahkan kepada terlaksananya kegiatan dialog kepada umat beragama lain baik dalam kehidupan, iman dan karya seraya membekali umat dengan dasar biblis dan ajaran Gereja tentang dialog. Inilah yang menjadi muatan arah program baik di tingkat keuskupan maupun paroki.
Dalam pertemuan evaluasi para ketua komisi, delegatus dan unit menghadapi kendala utama Pandemi Covid-19, tidak bisa melaksanakan kegiatan tatap muka secara langsung. Bapa Uskup dalam pesan videonya menyadari hal tersebut namun memberikan dorongan agar menemukan cara-cara kreatif melayani umat.

Bidang dan Komisi

Perlu diketahui ada 4 Bidang perutusan dengan komisinya yakni:
Bidang Liturgi: 2 komisi
Bidang Pewartaan: 4 komisi
Bidang Persekutuan: 2 komisi
Bidang Pelayanan: 4 Komisi dan 4 unit
Pertemuan dan kegiatan dalam bentuk daring mewarnai hampir semua program kerja yang dilaksanakan, meskipun dalam kapasitas tertentu tetap ada kegiatan yang berlangsung secara offline dalam tatanan protokol kesehatan. Oleh karena itu umat perlu aktif dan didorong untuk melihat berbagai saluran medsos yang dimiliki Keuskupan, paroki, wilayah, komunitas dan kategorial. Saluran Komisi Komsos Ventimiglia.id menjadi jendela bagi umat untuk melihat berbagai aktivitas yang telah dan akan dilakukan keuskupan, paroki dan kategorial.

Baca Juga:  RP. Albertus Jamlean, MSC: Menyandang Tugas Vikjen KEBAN

Pada paruh pertama tahun pastoral ini ada 2 konten yang menonjol dari setiap Bidang, yakni menyasar kepada usaha mewujudkan Gereja Berdialog dan meningkatkan kapasitas internal, khususnya pemuka umat dan peminat kegiatan melalui zoom meeting dan kanal Youtube Pusat Pastoral Keban.

Bidang Liturgi

Tata Perayaan Ekaristi Baru Tahun 2020 menjadi materi pokok untuk diinformasikan kepada umat. Komisi Peribadatan, melalui seri Zoominar dengan pembicara kompeten terealisasi sepanjang Mei. Umat yang mengikuti memang tidak banyak namun perlu diteruskan dan disosialisasikan kepada umat yang belum mengetahui. Materi dan tautan Youtube tentang hal ini dapat dibaca dalam media ini. Bidang Liturgi ingin menyasar kepada misi Ekaristi merupakan puncak hidup Kristiani.

Komisi Musik Liturgi sebenarnya mengarahkan programnya pada wujud Gereja berdialog, yakni lomba cipta lagu inkulturasi dayak untuk lagu propium. Namun minat paroki dirasa kurang dan karena spesifika lomba itu sendiri. Oleh karena itu komisi mengubah rencana membekali petugas liturgi dengan pelatihan Lagu Mazmur dan Alleluya sesuai TPE Baru 2020.

Bidang Pewartaan

Delegatus Kitab Suci melihat peluang di masa pandemi ini dengan menggiatkan kembali ajakan paripurna membaca Kitab Suci. Sarana medsos sangat mendukung bagi umat untuk ikut membaca Kitab Suci setiap hari melalui link Zoom dan kanal Youtube Warta Keban. Program ini dimulai tanggal 29 Juni 2021. Komisi Kateketik masih berfokus untuk menyempurnakan materi ajar Sakramen Inisiasi (Baptis, Komuni I dan Penguatan).

Komisi Seminari telah merealisasikan sosialisasi promosi panggilan seminari, namun kegiatan yang sifatnya pertemuan langsung belum terealisasi seperti yang dihadapi juga oleh Karya Kepausan Indonesia. Pertemuan kolosal seperti pertemuan Sekami se Keuskupan masih tahap rencana saja. Namun demikian perayaan tingkat paroki dapat terselenggara seperti Hari Anak dan Remaja Misioner ke-178, peringatan Hari Orang Sakit Sedunia, Hari Minggu Panggilan dan kunjungan ke panti asuhan non Katolik sebagai bentuk Gereja Berdialog.

Baca Juga:  Meratus Punya Cerita: Peresmian Kapela Rapit dan Baksos Delegatus Kesehatan

Bidang Persekutuan

Komisi Keluarga telah mempromosikan pemahaman dalam berdialog, baik secara rohani ataupun dengan kaum muda, melalui beberapa materi Zoominar yang diselenggarakan. Pelatihan internal untuk Tim KPP ataupun Konseling Keluarga menunggu saat yang tepat untuk memplotkan waktunya.

Komisi Kepemudaan mengusahakan konsolidasi ke dalam penguatan kepengurusan, baik tingkat keuskupan maupun paroki-paroki. Pertemuan offline Tim Komkep yang berhasil dilaksanakan bersama Orang Muda Katolik Dekanat Tanjung belum lama ini. Tim Multimedia Komkep berhasil menginisiasi kegiatan pertemuan virtual OMK. Rencana program yang sifatnya berdialog dengan agama lain diproyeksikan pada Semester II.

Bidang Pelayanan

Bidang yang berisi anggota komisi dan unit yang banyak ini banyak merealisasikan kegiatannya. Misalnya Komisi Hubungan Antar Agama dan Kepercayaan (HAAK) dan Kerawam aktif mengikuti acara yang diselenggarakan pemerintahan dan agama lain, mengikuti eksposisi Religi dan silaturahmi kepada berbagai tokoh agama dan pemerintahan untuk mewujudkan dialog. Baru saja terelisasi menghadiri pelantikan Walikota dan Wakil Walikota Kota Banjarmasin. Rencana semester II tetap melanjutkan usaha-usaha meningkatkan relasi dan dialog dengan forkopimda, FKUB, Ormas dan lembaga kemasyarakatan yang kompeten. Kegiatan Komisi Pengembangan Sosial Ekonomi (PSE) yang sifatnya turun ke lapangan atau pelatihan belum dapat terealisasi. Di tingkat paroki pelatihan budi daya jamur, yakni terlaksana di Paroki Batulicin dan menyusul Paroki Banjarbaru.

Komisi Komunikasi Sosial banyak merealisasikan kegiatannya dengan memanfaatkan teknologi komunikasi untuk pewartaan melalui website ventimiglia.id. Pelatihan untuk personil Seksi Komsos Paroki secara berkelanjutan telah dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas dan membangun jejaring. Usaha melengkapi sarana prasarana multimedia telah dipenuhi bertahap seperti kamera video. Fasilitator kerja sama dengan komisi lain dalam Zoominar dan mendukung program Live Streaming Misa DKP.

Baca Juga:  Pembukaan Sinode 2021 - 2023 di Keuskupan Banjarmasin

Komisi Pendidikan mengusahakan pertemuan pengurus inti, menyusun kalender akademik tahun 2021-2022. Telah terlaksana Program sapaan Bapak Uskup kepada umat yang menjadi guru dan dosen.

Unit JPIC baru merencanakan kegiatan mereka di Semester II berkaitan dengan tema lingkungan hidup dan proyek hutan buah lokal. Unit Delegatus Kesehatan melakukan kegiatan bakti sosial kesehatan beberapa kali seperti kunjungan ke Panti Jompo Bati-Bati atau ikut serta pada program kerja komisi lain ketika berkunjung ke daerah-daerah. Konsolidasi Delegatus Kesehatan belum dapat terlaksana, masih diupayakan.

Unit Tanggap Darurat dan Unit SGPP untuk Semester I belum merealisasikan kegiatannya berkaitan dengan pelatihan yang dipersiapkan dan dialokasikan ke Semester II. Di luar program kerjanya, Unit Tanggap Darurat telah menjalankan fungsinya pada peristiwa banjir Kalsel di awal tahun dan koordinasi kegiatan vaksinasi umat di Katedral bekerja sama dengan komis lain, paroki dan instansi pemerintah terkait.

Penutup

Mengakhiri pertemuan evaluasi ini, RP. Yusuf, SJ, selaku Direktur Pusat Pastoral menegaskan bahwa untuk Semester II, kepada seluruh Komisi/Delegatus/Unit tidak perlu ragu-ragu untuk meniadakan program kerja yang sekiranya tidak akan bisa dilaksanakan. (oZo)