Mgr. Petrus Boddeng Timang

Oleh: Mgr. Petrus Boddeng Timang (Uskup Keuskupan Banjarmasin)

 

Puji dan syukur kepada Tuhan yang Mahabaik, yang dalam iman kristiani disapa “Bapa”, kami panjatkan atas peristiwa yang kita saksikan pada hari ini Minggu 20 Februari 2022. Atas kehendak-Nyalah kita boleh menyaksikan bersama pemberkatan dan peresmian rumah doa umat katolik Gereja Santa Anastasia Muara Napu ini. Berlangsungnya perberkatan hari ini dan berdirinya gedung Gereja Katolik Muara Napu ini terjadi pertama-tama karena kehendak Tuhan.

Awalnya adalah baptisan atas 5 KK yang terdiri dari 17 orang pada malam Paskah 19 April 2014 di Gereja Katolik Mandam, Kec. Hampang. Seiring dengan bertambahnya jumlah umat, kebutuhan akan suatu rumah doa yang memadai semakin mendesak. Pada awalnya mereka diperkenankan oleh perangkat desa untuk beribadah di Balai Desa. Kemudian dibangunlah gedung gereja sementara yang sederhana. Namun kebutuhan akan suatu gedung permanen yang lebih memadai semakin mendesak. Berkat kerja keras umat  yang berswadaya, dengan dukungan banyak saudara-saudari seiman katolik dari berbagai pelosok Kalimantan Selatan dan dari daerah-daerah lain, berdirilah gedung gereja yang saat ini kita saksikan bersama. Semoga kehadiran gereja ini semakin memperkokoh semangat beriman umat, semakin menyuburkan kerukunan hidup bersesama lintas agama di daerah ini.

Kehadiran gedung gereja ini tidak mungkin terwujud tanpa dukungan dan kerjasama banyak pihak di luar lingkungan Gereja Katolik. Untuk itu atas nama Gereja Katolik Keuskupan Banjarmasin yang meliputi seluruh Provinsi Kalimantan Selatan ini kami sangat berterima kasih.

Pertama-tama kepada seluruh masyarakat dan tokoh-tokohnya, kepada pemuka dan tokoh adat, kepada seluruh perangkat Desa Muara Napu yang dengan hati terbuka menerima  kehadiran umat katolik di daerah ini. Selanjutnya kepada Kepala Kecamatan dan seluruh perangkat Kecamatan Hampang, demikian juga kepada pejabat kepolisian dan militer di Kecamatan Hampang kami sampaikan terima kasih sebesar-besarnya atas kemanan dan pengamanan yang diciptakan di wilayah Kecamatan Hampang ini.

Baca Juga:  Cinta-Nya dan Cintaku Takkan Mati

Kepada Panitia Pembangunan yang dengan segenap upaya menyelesaikan pembangunan gereja ini demikian juga kepada umat dan masyarakat Muara Napu kami mengucapkan pula terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya. Kepada para penderma dari berbagai tempat di Kalimantan Selatan maupun dari daerah-daerah lain yang tanpa kenal lelah dengan murah hati menopang pekerjaan Panitia Pembangunan kami sampaikan pula terima kasih.

Dan akhirnya kepada Ibu dan Bapak sekalian yang pada hari ini datang dari berbagai tempat di Kalimantan Selatan dan daerah-daerah lain di Tanah Air untuk menghadiri perayaan hari ini, kami mengucapkan juga terima kasih dan penghargaan setulus-tulusnya. Kiranya Tuhan yang Mahamurah, Pencipta, Pemberi, Pemelihara hidup kita menganugerahi kita semua berlimpah berkat-Nya. Salam sehat dan salam sejahtera bagi pian sabarataan, Deus Carita Est, Allah adalah kasih.

 

Banjarmasin, 06 Februari 2022

† Petrus Boddeng Timang

Uskup Keuskupan Banjarmasin