Kita mengenal bahwa tugas Gereja itu adalah pewartaan, liturgi, komunio, pelayanan dan juga kesaksian. Kesaksian yang paling sering dirasakan oleh orang lain tentang kehadiran Gereja tentu ada dua bidang yang begitu mencolok. Yang pertama yaitu bidang komunio, yaitu dimana keakraban, kesatuan hubungan yang baik antar satu sama lain sebagai umat Katolik akan menjadi contoh dan berkat bagi banyak orang. Itu adalah salah satu tanda kehadiran di tengah-tengah masyarakat.

Kesaksian yang sangat terasakan adalah di bidang diakonia atau pelayanan. Bagaimana Gereja itu akan sangat dikenal banyak orang, dimana Gereja itu mewujudkan diri, menghayatinya dalam hidup pelayanan. Pelayanan yang dilakukan bukan hanya untuk orang-orang Katolik saja tetapi juga untuk orang-orang lain. Kesaksian di bidang pelayanan contoh konkrit ketika ada orang sakit Gereja bertindak. Kehadiran rumah sakit Katolik sangat terasa. Ketika orang-orang menginginkan ilmu pengetahuan, kehadiran Gereja dalam sekolah-sekolah juga terasa. Gereja hadir dalam kegiatan belas kasih terhadap orang miskin, terlantar dan saat ada bencana. Gereja terlibat dalam suka duka masyarakat. Duka masyarakat adalah duka Gereja, kegembiraan masyarakat adalah kegembiraan Gereja.

Tahun Pastoral Keuskupan Banjarmasin 2022 mengarahkan bidang-bidang karya pastoral Keuskupan Banjarmasin menjadi Gereja yang Inklusif, yang terbuka. Tentu ini bukan memulainya dari nol, sudah banyak yang kita lakukan. Disini kita diajak merenungkan, mempertajam dan menemukan peluang-peluang lagi dalam mewujudkan Gereja yang inklusif. Gereja yang terbuka kepada siapapun dengan segala resiko dan tanggungjawabnya. Kita harus kuat dalam iman dan banyak hal sehingga kita bisa berkarya dari banyak hal yang kita miliki dari berkat Tuhan. Tuhan sendiri yang mengatakan “kasihilah sesamamu seperti Aku telah mengasihi kamu”

Baca Juga:  Pertemuan Perdana Peserta dan Latihan Kontingen Pesparani Kalsel

Kita sudah menerima berkat dari Tuhan berupa keluarga, pekerjaan, persahabatan, rezeki dan banyak anugerah yang lain yang Tuhan berikan kepada kita. Karena inilah kita mengasihi sesama kita sebagaimana Tuhan telah mengasihi kita. Kita mencoba menemukan kasih Tuhan dalam hidup kita dan kita bagikan sebagai kekuatan kita dalam hidup bersama. Gereja Katolik akan sangat terasa kehadirannya ketika Gereja dapat melayani satu sama lain di bidang pelayanan, baik sosial ekonomi, pendidikan, kesetaraan gender, kesehatan dan juga relasi dalam komunikasi yang bermartabat. Menyampaikan kabar suka cita sebagaimana Tuhan mengabarkan suka cita di dunia ini.

Selamat membaca artikel-artikel Majalah Ventimiglia pada bulan ini. Laporan utama mengenal lebih dalam Caritas dan Pengembangan Sosial Ekonomi Keuskupan Banjarmasin, ada sunatan massal di Paroki Vincensius A. Paulo Batulicin, peresmian Kapela di Kampung Rapit Paroki St. Matius Halong, kegiatan penerimaan komuni pertama, penerimaan krisma, beberapa artikel tentang pemberdayaan Dayak Meratus, artikel bidang pelayanan dari dewan karya pastoral. Semoga artikel-artikel yang terdapat dalam Majalah Ventimiglia ini menjadi jendela bagi kita semua untuk mengenal Keuskupan Banjarmasin lebih dalam lagi dengan segala karyanya. Dan semoga setiap orang terpanggil untuk bersaksi dan menjadi berkat dalam pelayanan kepada sesama, sehingga banyak orang mengenal siapa Yesus dan siapa kita ketika kita saling mengasihi dalam hidup sehari-hari. Tuhan memberkati. SalVe!