Minggu, 10 Oktober 2021
MINGGU BIASA XXVIII

Keb. 7:7-11
Ibr. 4:12-13
Mrk. 10:17-30

 

Saudara/i yang terkasih…
Hidup adalah sebuah pilihan dan berkaitan dengan hidup, ada dua pernyataan yang sering kita dengar yakni : Pertama, Hidup itu tidak mudah maka perlu perjuangan dan pengorbanan. Pernyataan ini mengajak kita untuk sadar bahwa untuk menjadi pribadi yang benar-benar hidup dibutuhkan perjuangan dan pengorbanan. Hal ini ditegaskan oleh Yesus lewat sabda-Nya : “Pergilah, juallah apa yang kau miliki dan berikanlah itu kepada orang-orang miskin. Maka engkau akan memperoleh harta di Surga. Kemudian datanglah dan ikutilah Aku”. Dengan Sabda ini, Yesus mengajarkan dan menegaskan kepada kita sekalian bahwa sebagai manusia, kita harus memiliki sikap lepas bebas dan penuh kepasrahan pada Tuhan. Sikap ini dapat kita hidupi apabila kita selalu mencari kebijaksanaan dan selalu mendengarkan Firman Tuhan. Perlu kita sadari bahwa kebijaksanaan merupakan anugerah dari Tuhan apabila kita mohon dalam doa. Sedangkan mendengarkan Firman Allah dapat kita lakukan lewat peristiwa alam dan peristiwa hidup serta dalam hati nurani kita masing-masing.

Kedua, Hidup hanya sekali maka jalani saja dan nikmati seperti air mengalir. Pernyataan ini ini mau mengajak kita kita untuk menikmati hidup dengan penuh syukur, menjadi pribadi bebas tapi tidak kebablasan sehingga kita juga mengalami hidup dan keselamatan.

Saudara/i yang terkasih…
Harta adalah anugerah dari Tuhan maka kita harus berbagi dengan sesama karena kita telah menerima dengan cuma-cuma maka kita pun harus memberi dengan cuma-cuma. Bagi saya, HARTA dapat diartikan dengan: “Hanya Allah dan Rahmat Tuhan yang abadi” karena memang harta yang kita miliki tidak abadi.
Selain itu kita harus SETIA juga dapat diartikan dengan “Semua Tidak Abadi” karena hanya Tuhan yang abadi. Maka mari kita datang pada Tuhan menemukan harta sejati dalam Firman dan Kebijaksanaan-Nya agar hidup kita lebih hidup. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Semoga Tuhan memberkati kita.

Baca Juga:  Jadilah Pribadi yang Bijak

Wil. CB – Mu-Sa-Fir