Renungan oleh RP. Ambrosius, MSF.

Selasa, 21 September 2021
Pesta St. MATIUS – Rasul dan Pengarang Injil

Ef. 4:1-7.11-13
Mat. 9:9-13

 

Saudara/i yang terkasih…
Setiap orang dipanggil oleh Tuhan. Panggilan Tuhan ini terjadi setiap hari dan panggilan Tuhan ini adalah panggilan untuk berbuat kasih tanpa pamrih. Namun kadang, sebagai manusia, kita tidak peduli dengan panggilan Tuhan. Kita cendrung menutup telinga dan hati hati kita terhadap panggilan Tuhan. Oleh karena itu, hari ini kita diingatkan oleh Rasul Paulus “supaya sebagai orang-orang yang terpanggil, kita harus hidup sepadan dengan panggilan itu yakni selalu rendah hati, lemah lembut dan sabar serta senantiasa menunjukkan kasih dalam saling membantu”. Apakah aku sudah hidup sepadan dengan panggilan ku sebagai orang Kristiani?

Saudara/i yang terkasih…
Panggilan juga dialami oleh Matius si pemungut cukai. Dia yang adalah orang berdosa dipanggil oleh Yesus untuk mengalami kasih-Nya. Karena kasih Yesus yang begitu indah dan mempesona, Matius meninggalkan segalanya dan menjadi pengikut Yesus. Dia bahkan dengan rendah hati dibimbing oleh Roh Kudus sehingga ia mampu menulis Injil : Kabar gembira yang ia ikuti, ia rasakan dan alami dalam diri Yesus. Matius berusaha dengan sabar untuk hidup sepadan dengan panggilannya sebagai rasul Yesus.

Saudara/i yang terkasih…
Marilah kita berusaha untuk hidup sepadan dengan panggilan kita sebagai murid-murid Yesus. Kita harus mengasihi sesama karena kita semua adalah orang berdosa yang dipanggil oleh Tuhan untuk mengambil bagian dalam kesucian-Nya. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Panggilan Tuhan – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Misa Harian Selasa Pekan Biasa XII, 22 Juni 2021