Jumat, 05 November 2021
PEKAN BIASA XXXI

Rm. 15:14-21
Luk. 16:1-8

 

Saudara/i yang terkasih…
Dunia kita saat ini adalah dunia yang terus berkembang dengan berbagai konsekuensi dan tantangan yang harus kita hadapi sebab kita masih ada dalam dunia ini.
Konsekuensi dan tantangan dunia ini menuntut kita untuk tetap mengenal identitas kita sebagai umat beriman sekaligus menuntut kita untuk bersikap bijak (cerdik) dari diri kita sebagai manusia agar kita tidak terjerumus ke dalam kebinasaan.
Hal ini ditegaskan oleh Rasul Paulus dan Tuhan Yesus Kristus dalam bacaan-bacaan hari ini. Rasul Paulus dalam suratnya kepada Jemaat di Roma menegaskan bahwa dia menjadi pewarta Injil bagi bangsa-bangsa lain agar mereka mengenal Allah dan mengalami keselamatan dalam Tuhan Yesus Kristus. Jemaat di Roma juga diminta untuk harus mengenal identitasnya sebagai pengikut Yesus sekaligus bangsa bukan Yahudi sehingga mereka semakin bijak dalam beriman di tengah dunia.

Saudara/i yang terkasih…
Apa yang disampaikan oleh Rasul Paulus ditegaskan oleh Yesus. Yesus meminta kita untuk menjadi pribadi yang bijak (cerdik) dalam dunia ini. Hal ini tidak berarti bahwa kita harus menghalalkan segala cara demi keselamatan kita, tetapi kita harus tahu membedakan mana yang baik dan yang jahat, mana yang benar dan yang salah, mana yang menjadi prioritas dan mana yang menjadi tambahan sehingga kita mampu berdiri kokoh dalam iman akan Yesus Kristus.
Marilah kita belajar untuk menjadi pribadi yang bijak dalam segala segi kehidupan kita sekaligus menyadari diri sebagai orang Katolik yang hadir di dalam dunia dan untuk dunia. Mampukah kita?
Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Natal dan Perjalanan Para Pencari Tuhan

(P. A. L. Tereng MSF)
Gerimis – Mu-Sa-Fir