Santo Agustinus dan Santa Monica (Sumber: wikipedia)

Renungan oleh RP. Ambrosius, MSF

Jumat, 27 Agustus 2021

St. Monika

1Tes. 4:1-8

Mat. 25:1-13

 

Saudara/i yang terkasih…

Semua orang dipanggil oleh Allah untuk mengambil jalan kekudusan atau mengambil bagian dalam kekudusan Allah. Jalan ini ditawarkan oleh Allah kepada kita setiap hari. Hal ini ditegaskan oleh Rasul Paulus dalam suratnya kepada jemaat di Tesalonika : “yang dikehendaki Allah ialah supaya kamu sekalian kudus”. Jalan kekudusan inilah yang ditempuh oleh wanita bijaksana yang senantiasa berjaga-jaga dengan pelita bernyala dan minyak yang tersedia dalam buli-buli ketika menantikan kedatangan mempelai.

Saudara/i yang terkasih…

Salah seorang wanita bijaksana yang memilih jalan kekudusan adalah St. Monika. Dengan doa yang penuh kepasrahan dan air mata yang tertumpah di setiap doanya selama dua puluh tahun, akhinya Agustus anaknya bertobat dan juga memilih jalan kekudusan. Maka kita sebagai orang-orang Kristiani juga harus belajar menjadi pribadi yang bijaksana dengan menempuh jalan kekudusan walaupun dalam situasi pandemi saat ini. Perlu kita sadari dan harus menjadi komitmen dalam diri kita masing-masing untuk menjadikan situasi pandemi ini sebagai berkat bagi kita.

Semoga teladan St. Monika membantu kita untuk menjadi pribadi yang bijaksana dalam hidup dan senatiasa memilih jalan kekudusan dalam situasi apapun.

Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin.

 

Sinar harapan – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Panggilan dan Perutusan