Peserta jalan sehat dari Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran melewati Siring Jalan Jenderal Sudirman di Banjarmasin, Minggu (28/8/2022).

Banjarmasin, Ventimiglia.id – Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran, Banjarmasin menggelar jalan sehat bersama umat se-Paroki Veteran, Minggu (28/8/2022). Kegiatan jalan sehat berlangsung semarak dan diikuti ratusan umat dari berbagai komunitas.

Jalan sehat bersama umat Paroki Veteran dilaksanakan pada Minggu pagi. Sejak pukul 05.30 Wita, ratusan umat sudah berkumpul dan memadati halaman Gereja Hati Yesus Yang Mahakudus. Hampir semua peserta jalan sehat mengenakan baju berwarna merah dan tetap menggunakan masker.

Setelah berkumpul dan berdoa bersama, peserta jalan sehat beranjak meninggalkan halaman gereja pada pukul 06.00 Wita. Peserta berjalan dalam dua barisan melewati Jalan Veteran, Jalan Simpang Sungai Bilu, Jalan Kampung Melayu Darat, Jembatan Pasar Lama, Siring Jalan Jenderal Sudirman, Jembatan Merdeka, lalu kembali lagi ke Jalan Veteran dan masuk ke halaman gereja. Rute yang ditempuh peserta jalan sehat lebih kurang 4,75 kilometer.

Saat kembali memasuki halaman Gereja Veteran, panitia membagikan nomor kupon undian doorprize, nasi kuning dalam kemasan kotak, dan air mineral kepada setiap peserta jalan sehat. Khusus untuk anak-anak, panitia juga memberikan bingkisan berisi buku tulis.

Ketua Panitia Jalan Sehat Paroki Veteran Florentinus Maryata mengatakan, jalan sehat bersama umat Paroki Veteran dilaksanakan dalam rangka pesta pelindung Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus (24 Juni 2022), syukur 25 tahun imamat RD Antonius Bambang Doso Susanto (28 Agustus 2022), dan juga memeriahkan Hari Ulang Tahun Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (17 Agustus 2022).

Umat Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran, Banjarmasin melakukan senam pagi bersama setelah jalan sehat, Minggu (28/8/2022).

”Jalan sehat ini dikhususkan bagi umat Paroki Veteran. Kegiatan ini diikuti sekitar 600 umat dari 25 komunitas yang tersebar di tujuh wilayah Paroki Veteran,” kata Florent, yang juga mengemban tugas sebagai Wakil Ketua II Dewan Pastoral Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus periode 2022-2024.

Baca Juga:  Tata Waktu Persiapan Menjelang Sinode para Uskup di Keuskupan Banjarmasin (KEBAN)

Untuk pelaksanaan kegiatan jalan sehat tersebut, menurut Florent, panitia menyiapkan rute jalan sehat dan berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk pengamanan jalur. Panitia juga menyediakan berbagai doorprize untuk mengajak umat berpartisipasi dan bergembira. Hadiahnya mulai dari payung, baskom, keranjang, tempat sampah, kipas angin, kompor gas, televisi, dispenser, mesin cuci, sepeda, hingga kulkas, sepeda listrik, dan sepeda motor.

”Dengan kegiatan ini, kami berharap umat Paroki Veteran semakin akrab satu sama lain. Keakraban dan ikatan emosional yang terjalin antarumat diharapkan dapat membangun Gereja Veteran menuju Gereja yang inklusif,” tuturnya.

Pastor Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus RD Yohanes Susilohadi mengucapkan terima kasih kepada para donatur dan semua umat yang telah membantu pelaksanaan kegiatan jalan sehat sehingga kegiatan tersebut bisa terlaksana dengan baik.

”Semoga kita semua tetap bersatu dalam satu keluarga Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, serta tetap diberikan kesehatan dan kegembiraan. Mohon maaf kalau masih ada kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan ini,” kata Romo Johan saat memberikan sambutan.

Hadiah utama

Usai sambutan dari Romo Johan, panitia langsung mengundi tiga hadiah utama, yaitu kulkas sebagai hadiah ketiga, sepeda listrik sebagai hadiah kedua, dan sepeda motor sebagai hadiah pertama. Nomor undian untuk hadiah kulkas diambil oleh Romo Doso, sepeda listrik diambil oleh RP Yusuf Suharyoso SJ atau Romo Yusuf, dan sepeda motor diambil oleh Romo Johan.

Dua umat Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran, Banjarmasin mendapat hadiah kompor gas dalam pengundian doorprize setelah jalan sehat, Minggu (28/8/2022).

Romo Johan harus sampai tiga kali mengambil nomor undian untuk hadiah sepeda motor. Hal itu karena nomor undian pertama tidak terlihat jelas angkanya dan nomor undian kedua tidak ada orangnya setelah dipanggil tiga kali.

Baca Juga:  Perayaan Hari Raya Pentakosta dan Pelepasan Frater Verly MSC

Nomor undian ketiga yang beruntung mendapatkan hadiah sepeda motor adalah 00538, yang dipegang oleh Bapak Sutiadi. Umat Paroki Veteran dari Wilayah I Santa Perawan Maria itu pun berhak atas hadiah sepeda motor Yamaha Mio 125 on the road berwarna merah hitam.

Sutiadi mengaku sangat senang bisa memboyong hadiah utama pada kegiatan jalan sehat Paroki Veteran tahun ini. ”Saya tidak menyangka bisa mendapatkan sepeda motor. Sebelumnya, tidak pernah sama sekali dapat doorprize kalau ikut jalan sehat,” katanya sambil tertawa.

Pastor Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran RD Yohanes Susilohadi (melambaikan tangan) memberikan hadiah utama sepeda motor kepada umat yang beruntung setelah mengikuti jalan sehat, Minggu (28/8/2022).

Mantan Ketua Wilayah I itu pun berharap kegiatan jalan sehat bersama umat se-paroki bisa dilaksanakan lagi di tahun-tahun berikutnya. ”Acara seperti ini sangat bagus karena bisa lebih mempererat hubungan antarumat di paroki,” ujarnya. (Joe Maria)