Pendalaman Kitab Suci Kaum Muda Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin

Pendalaman Iman Kitab Suci OMK St. Stanislaus Landasan Ulin

Jumat (10/9/2021) pukul 20.00 WITA –OMK Santo Stanislaus Landasan Ulin mengadakan Pendalaman Kitab Suci yang dilaksanakan di ruang OMK yang berada di Pastoran Paroki Landasan Ulin. Pendalaman ini dihadiri 7 orang OMK dan dipimpin oleh RP. Petrus Ping Poto, MSF selaku Pastor Paroki Santo Yohanes Pemandi Landasan Ulin.

Kegiatan diawali dengan menyanyikan lagu pembukaan dan dilanjutkan dengan doa pembuka yang dibacakan bersama-sama. Selanjutnya salah satu OMK diminta untuk membacakan bacaan sesuai panduan Pendalaman kitab suci yang dibagikan oleh Delegatus Kitab Suci Keuskupan Banjarmasin. Salah satu anggota OMK, Erlita Girsang, membacakan Firman Tuhan dan Pastor Ping Poto, MSF melajutkan dengan mengajak peserta menangkap maksud dari bacaan tersebut.

Sebagai tanggapan atas bacaan Kitab Suci, para peserta diberikan kesempatan untuk mensharingkan hasil permenungannya atas beberapa pertanyaan yang ada di buku panduan Pendalaman Kitab Suci Keuskupan Banjarmasin, sebagai berikut :

Apa persoalan dan kesulitan hidup yang pernah menimpa diriku dan membuat imanku kepada Tuhan menjadi goyah dan apakah aku mampu bertahan dalam iman kepada Tuhan?

Dalam sharing iman ini hampir semua peserta menjawab tidak pernah mengalami kejadian yang sampai membuat iman goyah. Hanya saja kebanyakan beranggapan bahwa mereka kecewa terhadap diri sendiri. Para peserta juga mengungkapkan bahwa mereka masih bertahan dalam iman kepada Kristus.

Apakah aku berani berteriak seperti Petrus, “Tuhan, tolonglah aku!” dan membiarkan Tuhan mengulurkan tangan-Nya untuk membantuku?

Peserta menyampaikan bahwa selalu meletakan pengharapan dan memohon pertolongan hanya kepada Tuhan. Mereka yakin bahwa Tuhan pasti menolong dengan cara yang berbeda dari apa yang kita harapkan sebagai manusia dan Tuhan  selalu mendampingi mereka (kaum muda) lewat tangan-tangan-Nya seperti pastor, keluarga dan teman-temannya.

Baca Juga:  Beriman Seturut Teladan Maria

Aksi Nyata

Dalam kegiatan pendalaman Kitab Suci ini, para peserta merancang 2 aksi, yakni aksi pribadi dan aksi bersama. Pada aksi pribadi, masing-masing OMK merancang sendiri kegiatan yang bersifat positif secara individu, sedangkan dalam aksi bersama, OMK Paroki Landasan Ulin menyepakati untuk melaksanaka penggalangan dana bagi korban banjir di Kalimantan Tengah dan mengajak seluruh umat paroki untuk ikut andil dalam kegiatan social tersebut.

Kemudian kegiatan pendalaman iman akan dilanjutkan dengan rencana kegiatan yakni tentang penentuan waktu pendalaman iman dan tempat pelaksanaan, dilanjutkan dengan doa umat bersama dan ditutup dengan doa penutup, lagu penutup dan sesi foto bersama.

Para peserta Pendalam Kitab Suci

(Maria Febrina Sarawati)