Sabtu, 23 Oktober 2021
PEKAN BIASA XXIX

Rm. 8:1-11
Luk. 13:1-9

 

Saudara/i yang terkasih…
Kesempatan adalah waktu atau peluang yang diberikan kepada setiap orang untuk melakukan sesuatu berkaitan dengan dirinya dan juga kehidupannya. Kesempatan memang bukan jaminan untuk sukses, namun kesempatan yang dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi pembuka jalan menuju kesempatan. Kesempatan/waktu dan peluang selalu diberikan oleh Tuhan bagi umat Manusia. Bahkan kesempatan untuk bertobat dan memperbaiki diri selalu dianugerahkan Tuhan bagi kita manusia. Ini diumpamakan oleh Yesus dengan pohon Ara yang tidak berbuah tetapi diberi kesempatan untuk tetap hidup.

Saudara/i yang terkasih…
“Roh memang penurut tetapi daging lemah” maka sebagai manusia kadang kita jatuh dalam dosa. Ketika jatuh dalam dosa, kita ibarat pohon Ara yang tidak berbuah. Namun, karena belas kasih Allah, kita diberi kesempatan untuk hidup; “tanah” hati dan diri kita dicakuli oleh kasih Kristus agar kita berbuah dalam pertobatan.

Saudara/i yang terkasih…
Kesempatan tidak datang begitu saja. Kesempatan datang karena kemurahan kasih Allah bagi kita. Maka kita harus mencari dan menemukan kesempatan itu untuk berubah, bertobat dan berbuah karena selama masih ada kesempatan mari kita hidup dalam Roh sehingga kita menjadi pribadi-pribadi yang selamat dan mengalami sukacita sejati. Apakah aku sudah menggunakan setiap kesempatan yang diberikan oleh Tuhan untuk berubah, bertobat dan berbuah?
Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

(P. A. L. Tereng MSF)
Beningnya Pagi – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Misa Harian Sabtu Pekan Biasa XVI, 24 Juli 2021