oleh: RP. Ambrosius, MSF

Senin, 27 Desember 2021
Pesta St. Yohanes, Rasul dan Penulis Injil
Hari ketiga oktaf Natal

1Yoh. 1:1-4
Yoh. 20:2-8

Saudara/i yang terkasih…
Aktivitas manusia didukung oleh panca indera. Setiap Indra memiliki fungsinya masing-masing, namun saling mendukung satu sama lain sebagai satu kesatuan dalam tubuh manusia. Bacaan-bacaan hari ini mengajak kita untuk merefleksikan fungsi mata, telinga, tangan dan kaki. Mata berfungsi untuk melihat kebaikan dan kasih Allah dalam hidup; Yohanes melihat kebaikan dan kasih Allah itu dalam diri Yesus Kristus yang rela hadir bagi manusia khususnya mereka yang kecil, lemah, miskin dan tersingkir. Bahkan Yohanes pun menyaksikan peristiwa Salib Kristus : sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya.
Telinga digunakan untuk mendengarkan kisah tentang kemurahan hati Allah dan Yohanes mendengarnya lewat ajaran dan Pewartaan Yesus.
Tangan difungsikan untuk membantu dan berbuat kebaikan serta menulis refleksi tentang kasih Allah dan karya keselamatan-Nya yang berpuncak dalam diri Yesus Kristus; Yohanes menggunakan tangannya untuk menulis Injil dan suratnya agar membantu jemaat untuk percaya dan beriman pada Allah yang hadir dalam Diri Yesus Kristus.
Kaki digunakan untuk berjalan mengunjungi sesama dan untuk pergi ke tempat lain demi mewartakan Injil Kristus dan Yohanes dengan gembira berjalan untuk mengunjungi jemaat dan mewartakan Injil. Bahkan ia berlari dengan cepat ke makam demi melihat apa yang diberitahukan oleh Maria Magdalena.

Saudara/i yang terkasih…
Bagaimana dengan saya?
Apakah saya sudah menggunakan mata saya untuk melihat Kasih dan kebaikan Allah melalui sesama dan alam semesta?
Apakah saya sudah menggunakan telinga saya untuk mendengarkan sabda Allah dan mendengarkan kisah tentang kasih Kristus?
Apakah saya sudah menggunakan tangan saya untuk membantu sesama dan menulis refleksi iman tentang kasih Allah?
Apakah saya menggunakan kaki saya untuk berjalan mengunjungi sesama?
Apakah seluruh diriku, ku gunakan untuk mewartakan Kristus seperti yang dilakukan oleh Rasul Yohanes?
Jika sudah maka harus dipertahankan, Jika belum, maka harus dimulai saat ini. Gunakan seluruh diri untuk mewartakan Kristus. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Kalahkan Dunia dengan Iman

(P. A. L. Tereng MSF)
Hujan sore – Mu-Sa-Fir