Panggung pertunjukan Expo Religi 2022 dan Mooncake Festival

Lembaga Kajian Keislaman dan Kemasyarakatan (LK3) Banjarmasin bekerjasama dengan Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar Expo Religi ke-7 dan Mooncake Festival 2022. Kegiatan yang bertajuk “Menjaga kerukunan, melestarikan budaya dan merayakan keragaman” tersebut berlangsung pada 9 – 11 September 2022 di area Siring Jalan Sudirman atau Nol Kilometer Kota Banjarmasin.

Expo Religi merupakan kegiatan tahunan sebagai upaya menjaga kerukunan umat beragama di Kalimantan Selatan. Namun expo religi tahun ini menjadi lebih istimewa karena dipadukan upaya pelestarian budaya, yaitu Mooncake Festival. Mooncake Festival atau Festival Kue Bulan merupakan salah satu tradisi warga Tionghoa yang sudah ada di Banjarmasin sejak abad ke-13.

Penampilan Barongsai dan tari-tarian tradisional mengawali rangkaian acara pembukaan. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan Prosesi Pembukaan sekaligus peresmian Expo Religi ke-7 dan Mooncake Festival 2022. Mooncake Festival diadakan pada hari kedua.

P

Stand Keuskupan Banjarmasin dan IBBSIN (Ikatan Biarawan-Biarawati Keuskupan Banjarmasin)

uluhan stand keagamaan, lembaga pendidikan, organisasi, UMKM mengikuti kegiatan tersebut. Organisasi dan lembaga pendidikan Katolik yang terlibat antara lain: WKRI (Wanita Katolik Republik Indonesia), Pemuda Katolik, IBBSIN (Ikatan Biarawan-Biarawati Keuskupan Banjarmasin), Sekolah Santa Maria, Sekolah Santa Angela. Para pengunjung juga dipertontonkan aneka tarian, paduan suara, vocal group, band, drama, maulid habsy, madihin, dan aneka pertunjukan lainnya. Keterlibatan sekolah-sekolah di Banjarmasin yang mendorong para siswanya untuk datang dalam expo religi ke-7 ini makin membuat lokasi expo selalu dipadati para pengunjung.

Stand Pemuda Katolik

Baca Juga:  Talenta : Sebuah Kepercayaan dan Tanggung Jawab