RD. Ignatius Allparis Freeanggono (Ketua Komisi Komsos Keuskupan Banjarmasin)

Saudara-saudari terkasih, selamat berjumpa kembali dalam Majalah Ventimiglia bulan September 2021. Pada bulan September ini secara khusus Gereja memperingati Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN). Ada banyak hal yang dilakukan oleh segenap umat di seluruh Paroki Keuskupan Banjarmasin, baik di lingkungan, komunitas, KBG, stasi, di dalam keluarga maupun di Paroki. Ada yang secara offline/langsung, ada juga secara online/daring. Tentu ini menambah wawasan bagaimana kita hidup menggereja juga mendalami kitab suci.

Membaca kitab suci bukanlah segala-galanya, tetapi banyak hal yang harus diawali dengan membaca kitab suci secara baik dan benar. Delegatus kitab suci telah mengajak kita membaca kitab suci secara paripurna. Ada buku pedoman atau panduan pendalaman kitab suci, baik untuk dewasa maupun untuk anak-anak. Tentunya setiap Paroki mempunyai kebebasan untuk berkreasi dalam melakukan pendalaman iman kitab suci di bulan September ini.

Bapa Uskup memberikan sebuah gambaran tentang pentingnya mendalami kitab suci. Untuk mengenal kehendak Tuhan maupun ajaran Tuhan, kita bisa mengenalnya dari kitab suci. Kita juga dapat berbicara kepada Tuhan dengan doa-doa kita.

Rekan-rekan komsos dari Paroki juga mengirimkan kegiatan-kegiatan yang ada di masing-masing Paroki. Harapannya, kita bisa melihat masing-masing Paroki mempunyai kiprah bagaimana setiap Paroki itu mencoba mencari jalan untuk mengadakan pendalaman iman di bulan kitab suci ini dengan materi yang ada.

Kita diajak untuk melihat bagaimana Yesus menjadi sahabat bagi orang yang menderita, Yesus yang bisa membuat mukjizat dan menjadi solusi, serta kita dipanggil untuk terlibat di dalam persoalan dunia kita, persoalan hidup kemasyarakatan kita, persoalan Keuskupan kita  dan persoalan di Paroki kita masing-masing.

Baca Juga:  Misa Harian Kamis Pekan Biasa XXII, 2 September 2021

Pada edisi ini kita juga akan melihat salah satu tradisi Peranakan Tionghoa Banjar oleh Ibu Maria Roeslie. Ada liputan berbagai pengajaran virtual yang dilakukan oleh komisi-komisi Keuskupan Banjarmasin serta liputan berbagai kegiatan sosial. Lalu jangan lupa ada cerita untuk anak Sekami-BIAK agar  mereka mencintai lingkungan. Colloquium bersama Romo Sujono MSC dari Paroki Ave Maria Tanjung akan membawa kita memahami bagaimana panggilan tumbuh dan berkembang serta makin menguat karena cinta Tuhan yang menggerakkannya.

Saudara-saudari terkasih, selamat menikmati Majalah Ventimiglia yang menyajikan beragam liputan kegiatan di Keuskupan Banjarmasin. Semoga Majalah Ventimiglia ini memperkaya pengetahuan kita, membuat kita lebih mengenal hidup menggereja, serta mendorong kita terlibat dalam kehidupan Gereja yang berdialog dengan banyak hal, terlebih berdialog dengan mereka yang menderita. Tuhan memberkati.