oleh: RP. Ambrosius, MSF

Sabtu, 01 Januari 2022
HR. ST. MARIA BUNDA ALLAH
Hari Perdamaian Dunia
Tahun Baru 2022

Bil. 6:22-27
Gal. 4:4-7
Luk. 2:16-21

“Masa lalu adalah masa yang penuh kenangan membawamu pada kemenangan; masa lalu mengajarkan kita arti untuk memahami, mengikhlaskan dan melaju menuju masa depan”.
Tahun 2021 merupakan tahun syukur bagiku karena melalui pengalaman terpapar covid 19, saya bisa belajar tentang Allah yang mengasihi, Allah kekuatanku dan Allah yang menyebuhkan. Maka bagiku, masa lalu atau tahun lalu adalah berkat bagiku untuk melayani dengan lebih rendah hati.

Saudara/i yang terkasih…
Hari ini kita mengawali tahun baru 2022 dengan merayakan Hari Raya Santa Maria Bunda Allah. Melalui perayaan ini kita diajak untuk merefleksikan peran Bunda Maria dalam karya keselamatan Allah dan juga dalam peziarahan hidup kita.
Pertama, Bunda Maria adalah Bunda Allah karena Bunda Maria telah mengandung dan melahirkan Yesus Kristus yang adalah Allah yang menjadi manusia dan diam di tengah-tengah kita.

Kedua, melalui Bunda Maria, kita semua diberkati oleh Allah. Bunda Maria telah membawa Kristus Putera Allah kepada kita sehingga kita semua diberkati oleh Allah. Seperti halnya bangsa Israel dianugerahi damai sejahtera dari Allah, begitu juga kita disepanjang perjalanan hidup kita di tahun 2021 kita selalu diberkati dan dianugerahi damai sejahtera dari Allah melalui setiap mengalam hidup kita. Kita juga tetap memohon kepada Allah agar Ia tetap memberi damai sejahtera dalam perjalanan hidup kita di tahun 2022

Ketiga, bersama Bunda Maria, kita mohon perdamaian bagi seluruh dunia. Realita dunia yang terus berubah menggerus damai yang ada dalam hati kita. Maka dalam kasih Allah, bersama Bunda Maria kita serahkan dunia kita ini agar damai bersemi di bumi.

Baca Juga:  Surat Gembala Adven 2021 - Uskup Keuskupan Banjarmasin

Saudara/i yang terkasih…
Tahun berganti dan berubah, hidup tetap berjalan dan kita harus berbuah. Selamat HR. Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Mari satu dalam kasih Allah agar kita maju dengan penuh harapan di tahun 2022 ini.
Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

(P. A. L. Tereng MSF)
Hari pertama 2022 – Mu-Sa-Fir