Peresmian dan pemberkatan columbarium St.Yoseph (2/11/2022)

Ventimiglia.id – Rabu, 2 November 2022, pukul 15.00 WITA di pendopo Pemakaman Santo Yoseph, Landasan Ulin diselenggarakan Misa Peringatan Arwah Semua Orang Beriman sekaligus peresmian columbarium (tempat penyimpanan abu jenazah). Kegiatan yang diprakarsai oleh para pengurus Pemakaman Santo Yoseph bekerjasama dengan Komisi Peribadatan Keuskupan Banjarmasin ini dipimpin oleh Uskup Keuskupan Banjarmasin, Mgr.Petrus Boddeng Timang bersama 10 imam yang berkarya di Dekanat Banjarmasin dan Banjarbaru. Sekitar 150 umat hadir dalam Misa tersebut. Sebagian besar dari mereka adalah keluarga, kerabat dan rekan dari saudara-saudari yang dimakamkan di Pemakaman Santo Yoseph tersebut.

Dalam homilinya, Bapak Uskup menyatakan harapannya agar doa-doa dalam Perayaan Ekaristi ini menjadi berkat bagi saudara-saudari kita yang dimakamkan di pemakaman Santo Yoseph dan yang diintensikan dalam Perayaan Ekatisti tersebut serta bagi siapa saja yang membutuhkan pembebasan akhir. Kita berharap supaya mereka masuk dalam golongan para kudus di surga yang sudah jaya dan ambil bagian secara sempurna dalam kebangkitan Yesus. Sementara itu, keberadaan kita di sini menjadi pengingat bahwa kita juga sebagai peziarah di muka bumi ini sekali waktu akan sampai pada situasi Gereja jaya itu.

Bapak Uskup dan para imam yang hadir berfoto bersama

Dalam bagian penutup Perayaan Ekaristi, Bapak Uskup memberkati bunga tabur yang dibawa umat. Kemudian Bapak Uskup meresmikan dan memberkati columbarium yang berada di pendopo tersebut dengan memerciki dengan air suci. Melalui columbarium Santo Yoseph tersebut diharapkan umat, khususnya umat Keuskupan Banjarmasin dapat menyimpan abu jenazah keluarganya di situ. Informasi lebih lanjut mengenai ketentuan, keanggotaan dan harga tanah makam dan columbarium Santo Yoseph dapat menghubungi WA/HP Yayasan Santo Yoseph: 0852 8275 5617.

Pemberkatan bunga tabur

Usai misa, nama-nama arwah yang diintensikan dalam misa dibakar. Sebelum meninggalkan pemakaman, Bapak Uskup, para imam, biarawan-biarawati serta umat yang hadir, menyebar dan mengunjungi serta menabur bunga di makam Vikaris Apostolik Keuskupan Banjarmasin, Mgr. Joannes Groen, MSF, makam Pastor, Frater, Suster dan keluarga, kerabat serta rekan yang dimakamkan pemakaman Santo Yoseph. (smr)

Baca Juga:  Andreas Nua : Saya Optimis!