OMK Stella Maris Sungai Danau menguatkan iman dengan mengadakan kegiatan “OMK Berziarah“. Kami berziarah ke Goa Maria Manikam Damai (Mandam),Kecamatan Hampang dari tanggal 25-26 Juni 2022. Ada 21 orang muda yang penuh semangat dan 3 orang pendamping menempuh perjalanan selama 5 jam dengan mobil pribadi dari Sungai Danau ke Mandam. Kami tiba di lokasi dan langsung disambut pengurus Goa Maria. 

Jalan Salib di Mandam

Kami mengawali kegiatan peziarahan ini dengan berdevosi jalan salib. OMK mau merenungkan kisah sengsara Tuhan untuk mengalami betapa besar cinta Tuhan bagi umat manusia. Pada malam harinya, kami menikmati makanan yang sudah disediakan oleh umat setempat. kami mengadakan acara pujian dan penyembahan untuk menggantikan acara renungan malam oleh Rm. Andre Pr karena faktor cuaca yang tidak mendukung.

Minggu, tanggal 26 Juni, saat hari masih pagi sekali, kami berjalan menuju Goa sambil mendaraskan doa Rosario. OMK berdevosi kepada Maria dan membawa serta ujud-ujud pribadi mereka yang akan dipersembahkan di Patung Bunda Maria. “Saya percaya bahwa Bunda Maria akan menghantar ujud-ujud pribadiku kepada Yesus Putera-Nya”, ungkap salah satu OMK. Tuhan selalu memperhatikan doa orang beriman itulah yang dirasakan oleh dua OMK yang mendapat kabar bahwa lamaran mereka diterima di perusahaan. Selain itu, Rado, salah satu OMK kami membangun niat untuk lebih serius dan tekun dalam berdevosi.

OMK bersama Umat sarapan pagi dan mempersiapkan misa penutup sekaligus pembaruan Kaul suster Alma di Gereja Katolik Manikam Damai. Rm. Supardi Pr dalam Perayaan Ekaristi memberi pesan kepada OMK, “pilihan mengikuti Tuhan itu tidak selalu enak dan nyaman. OMK harus memiliki kedewasaan dalam iman agar siap mebuat pilihan dengan segala konsekuensinya”. OMK mencintai iman dan gerejanya, dan itu mereka wujudkan dalam bakti sosial, yakni membersihkan Lingkungan Gereja. Akhirnya, mereka pamit kepada umat setempat dan para pengurus Goa Maria untuk Kembali ke Sungai Danau. Romo Pardi mendoakan sekaligus memberkati OMK agar kembali dengan selamat membawa sukacita.

OMK Sungai Danau dan RD Supardi di Gereja Mandam

Baca Juga:  OMK Menghadapi Radikalisme di Era Modern