Hasil rapat Dewan Pastoral Paroki Sebamban Raya, 16 Jauari 2022, memutuskan perayaan HUT Paroki Maria Bunda Karmel (MBK) dilaksanakan 27 Februari 2022, dimana banyak umat bisa berkumpul pada Minggu setelah perayaan ekaristi. Panitia HUT Paroki mrencanakan lomba lektor/lektris tingkat SD dan SMP, lomba mazmur tingkat SD, SMP dan SMA, serta lomba Cerdas Cermat Alkitab tingkat SD dan SMP.

Pematangan hasil rapat panitia bersama Pastor Paroki, 30 Januari 2022, membahas keperluan perayaan yaitu bagian Liturgi, dekorasi, perlengkapan, dan konsumsi. Pada awalnya, diwacanakan oleh panitia, konsumsi untuk makan bersama dibawa masing-masing stasi dan dikumpulkan menjadi satu. Namun Pastor Mento, O.Carm memberi usulan dalam melaksanakan Tahun Gereja Inklusif, dengan cara membeli makanan yang dijual saudara/i beragama lain untuk disajikan dalam acara HUT. Panitia mengalkulasikan perkiraan jumlah umat yang akan hadir dengan keperluan konsumsi. Langkah lanjutan panitia  meninjau pedagang-pedagang makanan keliling dan menanyakan kesediaan mereka untuk menjual makanan pada HUT Paroki.

Aneka Lomba

Pendaftaran lomba-lomba mulai tanggal  30 Januari sampai 5 Februari 2022. Minggu, 6 Februari 2022 sesudah perayaan Ekaristi dilaksanakan lomba lektor dan lektris tingkat Sekolah Dasar. Kategori kelas 1 – 3 SD ada 8 peserta, kategori kelas 4 – 6 SD berjumlah 14 peserta. Mereka berani maju dan membaca kitab Putra Sirakh di mimbar bacaan.  Dewan juri adalah Pastor Paroki (Rm. Mento), Ketua Panitia HUT (Agus Slamet Riyadi), dan Wakil Ketua Dewan Paroki 2 (Yohanes Jemihu).

Lomba Bacaan Tingkat SD di PAroki Sebamban

Lomba lanjutan, 13 Februari 2022, adalah lomba lektor dan lektris tingkat SMP (5 peserta) dan lomba mazmur tingkat SD – SMA (hanya diikuti 1 anak kelas 5 SD, 1 anak kelas 1 SMP, dan 1 anak kelas 1 SMA). Materi lomba bahan bacaan dan mazmur untuk hari minggu biasa ke 8 tahun C. Lomba Bacaan dan Mazmur ini dijuri oleh Pastor Mento, Putri Cindy, dan Yosef Ariyanto. Kelompok SEKAMI mengadakan lomba mewarnai dan anak tingkat PAUD lomba menyanyi di belakang pastoran. Lomba terakhir yang dilaksanakan sebelum memasuki pekan persiapan perayaan HUT Paroki ke dua ialah lomba cerdas cermat Alkitab tingkat SD (4 regu) dan  SMP (5 regu).

Peserta Lomba Bacaan & Mazmur tingkat SMP

Sehari sebelum HUT Paroki, panitia melaksanakan gotong royong membersihkan gereja, menghias altar, membersihkan halaman, dan memasang tenda serta stand-stand makanan.

Baca Juga:  Bunda Maria : Perempuan Yang Terberkati

Perayaan Ekaristi 27 Februari 2022 berlangsung meriah dihadiri sekitar 300 umat. Ujud syukur ulang tahun paroki yang kedua dan pemberkatan patung Maria Bunda Karmel yang baru. Homili Pastor Mento mengingatkan umat agar saling mendukung satu sama lain sebagai umat Katolik Paroki. Tak lupa mereka mendoakan umat pendahulu yang telah memperjuangkan pembangunan iman dan fisik Gereja di Sebamban Raya.

Pedagang Kecil ikut Berpartisipasi

Pastor Mento (jubah hitam) berfoto bersama paman sate yang biasa berjualan di sekitar pasar.

Makan bersama setelah misa dilaksanakan di halaman gereja. Tersedia 650 porsi aneka menu dari banyak pedagang kecil: pentol tusuk, pentol goreng, bakso pangsit, mie ayam, sate ayam, lontong sayur dan es boba. Sambil santap bersama panitia mengumumkan dan membagikan hadiah kepada para peserta lomba. Hiburan panggung berupa tari-tarian daerah dari umat dan anak-anak seperti tari Tebe, tari Ja’i, dan tari Gawi. Romo Mento dan anggota DPP menyempatkan diri untuk menyapa para pedagang dan mengucapkan terima kasih kepada mereka. Sesudah itu mereka melakukan sesi foto bersama pada pedagang.

Pastor Mento bersama warga masyarakat yang sehari-hari berjualan Pop Ice-Boba

Purna acara 14.00 WITA Panitia membereskan perlengkapan dan membersihkan sampah. Selamat Ulang Tahun Paroki MBK Sebamban Raya!