Pelayanan kesehatan oleh Delkes Keuskupan Banjarmasin

Ventimiglia.id – Delegatus Kesehatan (Delkes) Keuskupan Banjarmasin bekerjasama dengan Tim Pemberdayaan Dayak Meratus (PDM) menggelar pelayanan kesehatan di wilayah Paroki Mandam pada 6-9 Oktober 2022. Selain Tim Delkes (Dr. Tri Joko dan Yulius Kurung) serta Tim PDM (RD. Damianus Ama Kii dan Agus), beberapa relawan dari Paroki Banjarbaru (Agus Heriyanto dan Sony), Badi serta beberapa volunteer dari Paroki Mandam juga terlibat dalam kegiatan tersebut.

Pelayanan kesehatan dimulai di dusun Maisi desa Limbur pada 7 Oktober 2022. Sebanyak 67 orang mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan kesehatan, stick test lab (kolesterol, glukosa, asam urat ) serta pemberian peralatan kebersihan diri (sabun mandi, sikat dan pasta gigi). Sebanyak 4 orang mendapat pelayanan minor surgery atau bedah minor (termasuk sirkumsisi).

Bedah minor pada salah seorang warga

Pada 8-9 Oktober 2022, pelayanan kesehatan diberikan di Stasi Guntung Tarap. Sebanyak 69 org yang mendapat pelayanan kesehatan, 3 org mendapat pelayanan minor surgery. Sedangkan di Mandam sendiri sekitar 20 org yang dilayani.

Dr. Tri Joko Purwanto

Baca Juga:  Rekoleksi OMK Dekanat Batulicin: Apakah Aku Bangga Menjadi OMK?