oleh: Lucas Djatmiko HN

Minggu , 20 Februari 2022, merupakan peristiwa penting bagi stasi karena di Gereja St.Lucia dilaksanakan pembaptisan dua anak dan pelantikan pengurus stasi masa bakti 2022-2024 oleh Pater Aba, MSC.

Stasi Santa Lucia Muara Uya adalah stasi yang terletak di Ujung timur Laut dari Pusat Paroki Santo Yosep Suriyan Kabupaten Tabalong Kalsel.  Jarak dari Paroki Suriyan kurang lebih 40 km , berada di Jalan Trans Baloun Desa Uwie Kecamatan Muara Uya. Anggota Stasi terdiri dari 14 Kepala Keluarga yang terbagi di dua kecamatan yaitu Kecamatan Muara Uya 9 KK dan Kecamatan Jaro 5 KK. Total jumlah umat terdaftar 42 jiwa. Partisipasi aktif setiap perayaan misa mingguan kurang lebih 15 sampai dengan 25 orang. Hal ini disebabkan beberapa orang bekerja di perusahaan tambang / perkebunan atau menempuh pendidikan di luar kota. Umat bisa terkumpul lengkap saat libur panjang misalnya perayaan Paskah dan Natal.

Persiapan pembaptisan anak oleh Pater Aba, MSC

Permintaan baptis anak berawal dari kunjungan pastor paroki kepada orang sakit di Desa Maliyo Kecamatan Jaro, berjarak kurang lebih 27 km dari pusat Stasi. Setelah ibadat penerimaan komuni dan berbincang-bincang dengan keluarga Ibu Geni dan Ibu Sri Pujiastuti, mereka menyampaikan keinginan hati kepada Pater Aba, MSC untuk membaptiskan anak-anaknya. Permohonan pembaptisan segera dikoordinsikan dengan Ketua Stasi Muara Uya.

Pengurus stasi  memutuskan menjemput keluarga yang akan dibaptis dengan mencarter minibus. Stasi juga mempersiapkan acara syukuran dengan menyiapkan makan bersama setelah perayaan selesai.

Pemilihan Pengurus Stasi Muara Uya telah dilaksanakan secara demokratis pada minggu terakhir di bulan Desember 2021, Pelantikan rencananya Januari 2022. Namun karena berbagai kepentingan maka baru bisa dilaksanakan pada Minggu, 20 Februari 2022 bersamaan dengan pembaptisan anak.

Pelantikan Pengurus Stasi Santa Lucia periode 2022-2024

Pengurus Stasi St.Lucia periode 2022-2024:

Baca Juga:  Misa Peringatan Wajib St. Karolus Lwanga dkk, martir, Kamis 3 Juni 2021, pukul 05.30 WITA

Ketua: Tri Widayati

Sekretaris: Maria Menina

Bendahara: Yustina Elifyanti

Sie Liturgi: Musyuliawati

Sie Pembangunan: Lucas Djatmiko HN

Koordinator Sekami: Antonius Kristiawan

Koordinator OMK: Verena Septiriani.

Kontributor: Lucas Djatmiko
Aktivis Paroki Suriyan dan pengurus Stasi St.Lucia. Kesehariannya sebagai kepala sekolah SD.