Banjarmasin, Ventimiglia.id – Para pengurus Dewan Pastoral Paroki Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran, Banjarmasin periode 2022-2025 mendapat pembekalan sebelum pelantikan. Pembekalan diberikan oleh tim Dewan Karya Pastoral Keuskupan Banjarmasin selama dua hari, Sabtu-Minggu, 17-18 September 2022.

Pembekalan bagi pengurus inti Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran diadakan di Aula Sasana Bhakti lantai 3, Gereja Veteran, Banjarmasin. Pembekalan tersebut juga diikuti para pengurus wilayah dan komunitas.

Romo Wensy Wowor MSC menyampaikan materi tentang ”Tata Kelola Harta Benda Gereja/Keuangan” dalam kegiatan pembekalan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran di Aula Sasana Bhakti lantai 3, Gereja Veteran, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (18/9/2022).

Pada hari pertama pembekalan, peserta mendapat materi tentang ”Spiritualitas Kepemimpinan” yang disampaikan RP Yusuf Suharyoso SJ atau Romo Yusuf, dari pukul 18.00 sampai 19.00 Wita. Setelah istirahat untuk makan malam, peserta menerima materi tentang ”Arah Dasar dan Tata Penggembalaan” yang disampaikan RD Antonius Bambang Doso Susanto, dari pukul 19.45 sampai 21.30 Wita.

Memasuki hari kedua, kegiatan pembekalan diawali dengan perayaan Ekaristi di aula lantai 3 pada pukul 07.45 Wita, yang dipimpin oleh Romo Yusuf. Selesai Misa, peserta mendapat materi tentang ”Tata Kelola Administrasi dan Biduk (Basis Integrasi Data Umat Keuskupan)”, yang disampaikan Romo Yusuf dan Bapak Rahmat.

Kegiatan pembekalan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran di Aula Sasana Bhakti lantai 3, Gereja Veteran, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (18/9/2022).

Selanjutnya, peserta mendapat paparan materi tentang ”Tata Kelola Harta Benda Gereja/Keuangan” yang disampaikan oleh Ekonom Keuskupan Banjarmasin, RP Apolonius Wensy Wowor MSC. Materi terakhir bagi peserta adalah ”Programasi” yang disampaikan Romo Yusuf.

Baca Juga:  Masa Harian Jumat Pertama, 6 Agustus 2021

Pastor Paroki Veteran RD Yohanes Susilohadi atau Romo Johan mengatakan, pembekalan selama dua hari diberikan kepada para pengurus baru DPP, wilayah, dan komunitas. Pembekalan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pengurus periode 2022-2025 tentang berbagai hal dalam ruang lingkup paroki, hingga bagaimana menyusun program kerja.

”Semua materi pembekalan yang diberikan sangat berguna bagi para pengurus yang baru. DPP ini tentu saja harus berjalan dengan program kerja yang jelas,” ujar Romo Johan usai kegiatan pembekalan di Banjarmasin, Minggu (18/9/2022).

Menurut Romo Johan, ada tiga harapannya pada DPP Veteran. Pertama, ada program DPP yang mengena untuk umat di Paroki Veteran. Kedua, DPP yang baru dapat menjalankan apa yang sudah direncanakan atau diprogramkan sehingga menghasilkan buah-buah kebaikan dalam pelayanan. Ketiga, pengurus DPP bisa kompak, mengenal satu sama lain, dan selalu berkomunikasi sehingga dapat bekerja dengan baik.

Romo Yusuf saat menyampaikan materi juga mengingatkan bahwa pengurus DPP harus memusatkan perhatian pada fungsi, bukan pada status. Kepengurusan di dalam DPP, wilayah, dan komunitas bukanlah sebagai kedudukan yang harus dipertahankan mati-matian, melainkan sebagai suatu kesempatan untuk melayani.

Umat dari Komunitas Santa Helena berfoto bersama Romo Johan (tengah) dan Wakil Ketua II DPP Florentinus Maryata (kedua dari kanan) usai kegiatan pembekalan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran di Aula Sasana Bhakti lantai 3, Gereja Veteran, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (18/9/2022).

”Karya yang kita lakukan mengalir dari kedalaman diri kita, bukan tempelan dari luar. Karya kita sesungguhnya adalah hidup kita, pola hidup kita,” ujarnya.

Setelah mendapat pembekalan selama dua hari, pengurus DPP Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran periode 2022-2025 selanjutnya akan dilantik oleh Uskup Banjarmasin Mgr Petrus Boddeng Timang dalam perayaan Ekaristi pada Minggu, 25 September 2022. (Joe Maria)

Umat berfoto bersama Romo Johan dan Romo Yusuf usai kegiatan pembekalan Dewan Pastoral Paroki (DPP) Hati Yesus Yang Mahakudus, Veteran di Aula Sasana Bhakti lantai 3, Gereja Veteran, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (18/9/2022).