Saya mengucapkan TERIMA KASIH yang besar pertama-tama untuk KETUA-KETUA STASI dan KOMUNITAS, yang telah sunguh berupaya memastikan terselenggaranya Perayaan Pekan Suci sampai Hari Raya Paskah. “Kita bekerja untuk Kemuliaan Tuhan. Bukan untuk kemuliaan diri sendiri. Saya percaya anda semua akan bertumbuh dalam iman dengan pelayananan ini.” (Pater Aba MSC)

Kalimat di atas merupakan kutipan dari chat WA yang disampaikan Pater Aba MSC dalam pernyataannya , setelah Paroki St. Yosep Suriyan sukses menyelenggarakan seluruh rangkaian Misa pada masa Pekan Suci. Pesan tersebut dituliskan di Grup WA Paroki Suriyan dan juga Grup WA stasi-stasi. Ucapan terima kasih dan penghargaan yang disampaikan kepada para ketua stasi dan komunitas tersebut , sontak mendapatkan tanggapan positif dari para ketua-ketua komunitas dan ketua stasi dengan ucapan terimakasih dan ucapan Amin. Juga umat yang lain turut mengaminkan apa yang menjadi pernyataan dari Pastor Paroki.

Berikut ini gambaran singkat pelaksanaan Perayaan di masa Pekan Suci di Paroki Suriyan :

I. Perayaan Minggu Palma

Dari Pusat Paroki hingga stasi-stasi mendapatkan pelayanan guna menyelenggarakan  perayaan Minggu Palma , semua dijadwalkan untuk dilaksanakan pada hari Minggu , 8 April 2022: (1) Pusat paroki hari Minggu, Waktu pelayananan jam 07.00 WITA , pemimpin liturgi P. Aba MSC (2) Stasi Muara Uya , waktu pemimpin jam 08.00 WITA , pemimpin liturgi Sr. M. Yerona PRR (3) Stasi BCL waktu pemimpinan jam 09.00 WITA , pemimpin liturgi Br. Willy Lengari MSC (4) Stasi Nawin bergabung dengan Stasi Kembang Kuning di Gereja Stasi Nawin jam 09.00 WITA pemimpin Liturgi Pst Aba MSC (5) Stasi Hayub , waktu pelayanan jam 17.00 WITA , pemimpin liturgi P. Aba MSC

Baca Juga:  Misa Pesta Yesus Menampakkan Kemuliaan-Nya, 6 Agustus 2021


Suasana suka cita usai Perayaan Minggu Palma Stasi Kembang Kuning dan Stasi Nawin di Gereja Stasi St Isodorus Nawin dipimpin oleh Pater Aba MSC 

Perayaan Minggu Palma semua tempat pelayanan misa  di paroki Suriyan berjalan sesuai dengan rencana, dan dihadiri oleh umat Allah setempat dengan penuh antusias dan liturgi berjalan dengan meriah serta khidmat.

Suasana kemeriahan perayaan Minggu Palma tersebar di grup WA Paroki Suriyan yang menampilkan unggahan foto perayaan Minggu Palma dari para aktivis  paroki serta stasi-stasi.

II. Perayaan Kamis Putih.

Perayaan Kamis Putih, Perjamuan terakhir Yesus Kristus , berlangsung penuh rasa khidmat di gereja pusat paroki hingga stas-stasi. Jadwal yang direncanakan adalah pada hari Kamis 14 April 2022 dengan pembagian waktu dan pemimpin liturgi  sebagai berikut : (1) Pusat Paroki suriyan bergabung dengan Stasi Hayub di suriyan jam 19.30 WITA , pemimpin Liturgi P. Aba MSC (2) Stasi Muara Uya , waktu pelayanan jam 17.00 WITA , pemimpin liturgi P. Aba MSC (3) Stasi BCL waktu pelayanan jam 19.00 WITA , pemimpin liturgi P. Marsel Subi MSC (4) Stasi Nawin bergabung dengan Stasi Kembang Kuning di Gereja Stasi Nawin jam 18.30 WITA pemimpin liturgi P. Edi Taran MSC.

Para petugas rasul berfoto bersama dengan Pater Aba MSC seusai Perayaan Kamis Putih di Gereja Stasi Santa Lucia Muara Uya

Pada perayaan kamis Putih juga dilaksanakan upacara pembasuhan kaki para rasul sebagai simbol ungkapan pelayanan kepada sesama. Pemimpin Liturgi/pastor membasuh kaki ke-12 petugas rasul satu persatu. Sebagian besar para umat yang bertugas sebagai rasul mengenakan baju putih. Ada juga stasi yang  para petugas rasulnya mengenakan pakaian adat daerah asal. Umat Stasi Kembang Kuning bergabung di gereja Stasi Nawin saat merayakan Kamis Putih. Di Stasi Muara Uya  juga terjadi peristiwa unik karena rasul yang bertugas terpaksa harus di tambah satu anak kecil dan satu wanita karena di sana kekurangan pria dewasa. Namun semuanya berjalan dengan lancar, tidak mengurangi makna dan kesucian perayaan Kamis Putih.

Baca Juga:  Persiapan Calon Komuni I Paroki MBK Sebamban Raya Generasi Kedua

Bagi Stasi yang tidak mengadakan malam tuguran di gereja, Pater Aba MSC,  menyarankan untuk mengadakan tuguran di rumah masing-masing dengan keluarga dengan membaca dan merenungkan Bacaan injil Yohanes Pasal 13 sampai dengan 17. Banyak keluarga di stasi melakukannya dan berbagi foto di halaman WA Grup Stasi.

III. Perayaan Ibadat Jum’at Agung.

Penjadwalan dari Paroki adalah: Jum’at , 15 April 2022, 15.00WITA secara serentak  Pemimpin Liturgi sebagai berikut : (1)Pusat Paroki Suriyan bergabung dengan Stasi Hayub di Suriyan , pemimpin Liturgi P. Edi Taran MSC, (2) Stasi Muara Uya , pemimpin liturgi Br. Willy Lengari MSC , (3) Stasi BCL  Pemimpin Liturgi P. Aba MSC , (4) Stasi Nawin  pemimpin Liturgi Sr M. Yerona PRR , (5) Stasi Kembang Kuning  pemimpin liturgi Sr M Patricia PRR.

Berfoto bersama usai ibadat Jumat agung dipimpin Br Willy Lengari MSC di Gereja St Lucia Stasi Muara Uya

Pagi hari di Pusat Paroki umat diajak menonton bersama Film Kisah Sengsara Yesus. Di Stasi-stasi melaksanakan Ibadat jalan Salib bersama.

IV. Perayaan Vigili Paskah

Perayaan malam Paskah dirayakan dengan meriah dan diliputi suka cita. Jadwal dilaksanakan serentak  jam 19.00 WITA : (1) Pusat Paroki Suriyan bergabung dengan Stasi Hayub di Suriyan  , pemimpin Liturgi P. Aba MSC (2) Stasi Muara Uya ,  pemimpin liturgi  Sr M.Yerona PRR,  (3) Stasi BCL , Pemimpin Liturgi P. Edi T, MSC ,(4)Stasi Nawin bergabung dengan Kembang Kuning di Gereja Nawin  pemimpin Liturgi P. Marsel MSC , (5) Stasi Kembang Kuning  pemimpin liturgi Sr M Patricia PRR

Upacara Pemberkatan Api dan Lilin Paskah di halaman Gereja St Isodorus Stasi Nawin dipimpin Pater Marsel MSC

Perayaan malam Paskah terlaksana dengan lancar, meskipun sejak pagi hingga menjelang sore terjadi hujan yang cukup deras. Pada jam 18.00 hujan reda, sehingga semua tempat dapat menyelengarakan Misa Vigili Paskah. Misa didahului  dengan Upacara Api dan pemberkatan Lilin Paskah di halaman gereja.

Baca Juga:  Masa Prapaskah 2022, Tahun C : Menyambut Paskah Tuhan

Pada  Perayaan ini juga dilaksanakan pemberkatan bejana yang berisi air  untuk pembabtisan pada hari Minggu Paskah serta disimpan untuk dipergunakan pada masa satu tahun ke depan.

V. Perayaan Minggu Paskah

Perayaan Minggu Paskah yang merupakan puncak dari Pekan Suci dan juga merupakan hari raya terbesar bagi Umat Katolik dirayakan pada hari Minggu 24 April 2022 : (1) Pusat Paroki Suriyan  jam 07.00 WITA , pemimpin Liturgi P. Aba MSC (2) Stasi Muara Uya , waktu pelayanan jam 08.00.00 WITA , pemimpin liturgi P.  Marsel Subi MSC (3) Stasi BCL waktu pelayanan jam 09.00 WITA , pemimpin liturgi P. Edi T, MSC (4) Stasi Hayub jam 09.00 WITA Pemimpin Liturgi Br Willy Lengari MSC (5) Stasi Nawin jam 09.30 WITA pemimpin Liturgi P. Aba MSC (6) Stasi Kembang Kuning jam 10.00 WITA pemimpin liturgi P. Marsel Subi MSC

Foto bersama Petugas liturgi Gereja St Yosep Paroki Suriyan bersama di dampingi Pater Aba MSC dan Br Willy Lengari MSC

Puji Tuhan Perayaan Paskah  tahun 2022 dapat terselenggara dengan lancar, meriah serta khidmat di seluruh Gereja stasi-stasi hingga pusat paroki. Pastor, suster, bruder , dan umat saling membagikan ucapan selamat dalam sukacita paskah di media sosial WA maupun secara langsung dalam setiap perjumpaan  mereka.