Gerbong peserta Pesparani 2 Provinsi Kalimantan Selatan sudah mulai berkoordinasi dan berlatih mulai awal Juli 2022. Mereka adalah kelompok Paduan Suara Dewasa Campuran (PSDC), Paduan Suara Dewasa Wanita (PSDW), Paduan Suara Orang Muda Katolik (PS OMK), Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian (PSDPG), Paduan Suara Remaja Campuran Gregorian, PS Anak, Cerdas Cermat Rohani Katolik (CCRK) Anak dan Remaja. Kelompok ini secara umum mendapatkan anggotanya dari audisi juri Panitia Pesparani dan pemilihan dari tim pelatih.

Pertemuan perdana PSDC di Aula Syalom Kelayan

Pertemuan Perdana

Setelah menjalani proses seleksi audisi maupun pemilihan anggota kelompok peserta sepanjang Juni 2022 maka para pelatih yang ditunjuk mulai mengadakan pertemuan perdana.

Latihan CCRK Remaja

Peserta CCRK Anak memulai pertemuan awal 27 Juni 2022 di Katedral dengan pembina Agustinus Yatiman, 3 anak yang terpilih didampingi orang tuanya mendapatkan pengarahan. CCRK tingkat Remaja baru mengadakan pertemuan 3 Juli dengan pembimbing Abdon Winarko.

PSDC yang berkekuatan 20 orang mengadakan pertemuan 1 Juli di Aula Syalom Kelayan dengan pelatih Venansius Genggor.

PSDW mengadakan pertemuan perdana 3 Juli di Ruang Rapat Katedral bersama pelatih Yudi. 

PS OMK, sebagian besar potensi OMK Paroki Banjarbaru dan Landasan Ulin, mengadakan pengarahan di Gereja Banjarbaru oleh pelatih muda enerjik Antonius H Bamara.

Pertemuan PSD Pria Gregorian di Ruang Pertemuan Sasana Bhakti Veteran (5/7)

PSD Pria Gregorian mengawali debutnya dengan pertemuan di Ruang Pertemuan Lantai II Aula Sasana Bhakti Veteran bersama Philipus Rahail selaku pelatih. 

PS Anak dilimpahkan kepada Paroki Santo Yosep Suriyan melalui tangan dingin RP Aba, MSC 

PS Remaja Campuran Gregorian memulai pertemuan perdananya 10 Juli di Paroki Kelayan di bawah pelatih Maria Lintang.

Baca Juga:  Siraman Rohani Katolik TVRI Kalsel, Sabtu 3 Juli 2021, pukul 15.00 WITA

Latihan Rutin dan Rekaman

Rutinitas latihan bervariasi, mengambil waktu 2 sampai 3 kali seminggu. Disadari potensi penyanyi dari kelompok yang akan berlaga virtual dan berangkat ke Kupang ada beberapa pserta yang memperkuat keduanya, khususnya di PSDC dan PSD Pria Gregorian. Oleh karena itu jadwal waktu latihan mereka menyesuaikan, diutamakan PSDC dan kelompok PSD Pria Gregorian menyesuaikan. Unuk peserta anak dan remaja memanfaatkan waktu libur sekolah dapat latihan lebih fleksibel, terutama menyangkut jam latihan.

Latihan rutin PSDW di Gereja Katedral

Persiapan dengan rentang waktu yang tak terlalu lama, terutama bagi peserta laga virtual, dibatasi oleh jadwal rekaman, batas akhir pengiriman hasil rekaman audio visual 25 September 2022. Panitia Pesparani telah merencanakan perekaman PS Anak 3 dan 4 September, PS Remaja Campuran Gregorian dan OMK 10 September dan PSDW serta PSD Pria Gregorian 11 September 2022.

Panitia mengharapkan komitmen dari peserta yang telah menyediakan diri mengikuti berbagai mata lomba dan mohon dukungan dari seluruh umat Keuskupan Banjarmasin.