Kamis, 03 Februari 2022
Pekan Biasa IV

1Raj. 2:1-4.10-12
Mrk. 6:7-13

“Jalani panggilanmu dengan Setia. Doaku selalu menyertaimu, anakku”, pesan inaku

Saudara/i yang terkasih…
Setiap anak atau murid pasti pernah dinasihati atau diberikan pesan entah ketika berada di rumah, sekolah atau akan mengadakan perjalanan untuk tugas tertentu. Pesan atau nasihat ini sangat berguna dan bermakna bagi yang dengan terbuka dan rendah hati untuk menerimanya.
Dalam bacaan-bacaan hari ini, kita mendengarkan pesan atau nasihat yang baik.
Ketika menyadari kematiannya sudah mendekat, Raja Daud memberikan pesan Salomo anaknya agar berlaku kesatria dan setia terhadap Allah dengan tetap mengikuti segala ketetapan, perintah, peraturan dan ketentuan-Nya seperti yang berlaku dalam hukum Musa. Pesan ini dilakukan oleh Salomo ketika ia duduk di atas takhta Daud ayahnya maka kokohlah kerajaannya.

Saudara/i yang terkasih…
Seperti halnya Daud, Yesus juga memberikan pesan kepada keduabelas murid-Nya sebelum mereka melaksanakan misi perutusan untuk mewartakan Injil. Pesan Yesus adalah jangan membawa apa-apa dalam perjalanan selain tongkat dan boleh memakai alas kaki. Selain itu, Mereka harus setia tinggal di rumah di mana mereka diterima. Pesan Yesus di atas mau menegaskan kepada para murid-Nya bahwa “Mereka harus mengandalkan Allah dalam misi dan hidupnya”.

Pesan di atas juga berlaku bagi kita sebagai orang Kristiani.
Pertama: Kita harus setia pada Allah dan melaksanakan kehendak-Nya. Pesan ini singkat tetapi memiliki makna yang sangat mendalam bila dilaksanakan dengan tulus hati.
Kedua: Selalu mengandalkan Allah dalam hidup. Manusia zaman ini karena pengaruh duniawi menjadi lupa bahwa Allah adalah satu-satunya andalan dalam hidup. Semua harta kekayaan hanyalah sarana untuk mencintai Allah dengan sungguh-sungguh.
Apakah aku mampu melakukan hal ini?
Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Bunda Maria, Teladan Iman dan Tokoh Adven Sejati

(P. A. L. Tereng MSF)
Gerimis – Mu-Sa-Fir