Misa Perdana Romo Jojo di Paroki Landasan Ulin

Daerah Landasan Ulin dan sekitarnya diguyur hujan yang cukup lebat, Sabtu (11/9/2021) sore. Namun, guyuran hujan tidak menyurutkan semangat umat datang ke gereja untuk mengikuti Misa Hari Minggu Biasa ke-24.

Pukul 17.40 Wita nampak seorang imam muda bersama Pastor Paroki Landasan Ulin, RP. Petrus Ping Poto MSF melangkah memasuki ruang sakristi untuk mempersiapkan Misa pada hari itu. Terlihat dengan wajah sedikit tegang namun penuh semangat beliau mempersiapkan diri untuk memimpin Misa sore itu.

Setelah diperhatikan dengan seksama oleh para petugas liturgi yang mendampingi beliau, nampaklah wajah seorang imam muda yang baru ditahbiskan pada 18 Agustus 2021 lalu. Dia adalah RD. Yohanes Tjuandi.

Tepat pukul 18.00 Wita, Misa mulai dilaksanakan secara konselebrasi, yang dipimpin RD. Yohanes Tjuandi dan didampingi RP. Petrus Ping Poto, MSF. Dengan tetap di bawah guyuran hujan yang semakin lebat Misa berlangsung dengan khidmat dan lancar.

Romo Jojo, sapaan khas RD. Yohanes Tjuandi mengawali homilinya dengan berkata, ”Saya merasa sedikit tegang karena ini bukan landasan ulun (saya), tetapi ini Landasan Ulin.” Umat pun tersenyum mendengarnya. Sapaan itu membuat suasana yang awalnya agak dingin karena hujan, akhirnya menjadi hangat dan cair.

Dalam homilinya Romo Jojo mengajak umat yang hadir untuk memberi arti dan makna dalam iman kita akan Kristus. Tindakan nyata sangat memiliki arti yang penting dalam mengimani Kristus. Beliau mengutip dari bacaan kedua bahwa iman tanpa perbuatan adalah mati.

Romo Jojo mengatakan bahwa iman kita jangan sampai seperti kosmetik, yang awalnya bagus, tetapi lama-kelamaan menjadi pudar karena kondisi dan lain hal. ”Kita dituntut memiliki iman yang sejati dalam kondisi apa pun,” ujarnya.

Baca Juga:  Mengobarkan Kembali Api Misi dan Menjadi Berkat bagi Sesama

Misa berlangsung kurang lebih 1,5 jam dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Pada akhir Misa Romo Jojo mengucapkan banyak terima kasih atas segala doa dan dukungan dari umat bagi beliau, khususnya saat persiapan beliau akan ditahbiskan sebagai Imam Projo Keuskupan Banjarmasin.

Setelah dari Paroki Landasan Ulin, beliau mengungkapkan agenda kegiatan selanjutnya untuk memimpin Misa di paroki-paroki yang ada di Keuskupan Banjarmasin sebagai ungkapan syukur dan terima kasih atas segala dukungan umat bagi kelancaran persiapan tahbisannya.

Umat Landasan Ulin juga menyampaikan terima kasih untuk pelayanan Romo Jojo di Paroki Santo Yohanes Landasan Ulin. Semoga Romo Jojo selalu setia dan semangat dalam panggilan sebagai imam di Keuskupan Banjarmasin.

Oleh: Antonius Kendro Nugroho (Komsos Paroki Landasan Ulin)

Romo Jojo bersama Pastor Paroki Landasan Ulin, RP. Ping Poto, MSF (no.2 dari kanan) dan petugas liturgi