Oleh: Saperiani, S.ST. (Camat Kecamatan Hampang)

 

Camat Kecamatan Hampang, Saperiani, S.ST

Salam sejahtera untuk kita semua,

Yth. Panitia Pembangunan Gereja Santa Anastasia

Yth. Bapak Kapolsek Kec.Hampang

Yth.Bapak Koramil Kec.Hampang

Yth.Kepala Desa Cantung Kiri Hulu

Yth.Para Pemuka Agama

Yth.Para Tamu Undangan, dan

Serta hadirin yang berbahagia

 

              Sebagai insan yang beriman marilah kita bersama sama memanjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang  melimpahkan kasih dan karunia-Nya, sehingga pada hari ini kita dapat hadir dan bertatap muka pada acara peresmian Gereja Santa Anastasia dalam keadaan sehat wal afiat.

              Saya atas nama Camat Hampang mengucapkan selamat kepada umat Katolik di Kecamatan Hampang atas diresmikannya Gereja Santa Anastasia yang berada di desa Cantung Kiri Hulu ini. Selesainya pembangunan Gereja Santa Anastasia ini pantas untuk disyukuri oleh umat katolik, Sebab proses pembangunan Gereja  ini tentunya membutuhkan pengorbanan yang sangat besar baik pikiran, waktu, tenaga maupun biaya yang tidak sedikit

              Pada kesempatan yang berbahagia ini pula saya ingin mengingatkan bahwa pembangunan gereja ini jangan menjadi yang utama. Karena yang lebih penting, adalah membangun mental dan hati kita agar umat Katolik di Desa Cantung Kiri Hulu  ini  khususnya dan umat Katolik di Kecamatan Hampang pada umumnya semakin menghayati apa yang diajarkan Yesus dalam kehidupan sehari-harinya baik dalam hidup bermasyarakat,  serta dalam hidup menggerejanya. Apalah artinya sebuah bangunan tempat ibadah yang megah tanpa diimbangi dengan “kemegahan” sikap dan perilaku serta iman pemeluknya.

              Oleh karena itu saya berharap dengan diresmikannya gereja Santa Anastasia di Desa Cantung Kiri Hulu ini akan semakin meningkatkan semangat umat untuk beribadah di gereja ini.

Baca Juga:  Kesiapan Buku Panduan Sakramen Inisiasi

Hadirin sekalian yang berbahagia,

              Pembinaan dan pembangunan bidang agama di Kecamatan Hampang   mempunyai kedudukan dan peranan yang amat penting sebagai bagian integral dari upaya meletakkan landasan moral dan spiritual yang kokoh bagi keberhasilan pelaksanaan pembangunan  daerah.

              Dengan demikian kondisi ini akan menjadi modal utama dalam  mengembangkan kerukunan hidup antar umat beragama. Karena dengan terciptanya kerukunan antar umat beragama tentunya akan semakin meningkatkan peran serta umat beragama dalam pembangunan bangsa, termasuk dalam upaya mengatasi krisis ekonomi, krisis budaya dan juga krisis moral yang kita alami sekarang ini.

              Sehubungan dengan hal tersebut, kami dari pemerintahan Kecamatan Hampang sangat mengharapkan peran dan bantuan semua umat beragama, para pemuka agama termasuk para pastur dan tokoh gereja serta tokoh masyarakat dalam memberikan kontribusi dan partisipasi aktif dan nyata dalam mengatasi berbagai krisis dan tantangan yang kita hadapi. Oleh karena itu, semua pihak diharapkan mampu menjaga ketenangan dan kejernihan dalam bertindak dan berpikir, sehingga kita tidak mudah terpancing dengan isyu-isyu yang menghasut masyarakat, dan mampu mengatasi dan memandang persoalan hidup dengan bijaksana.

              Oleh karena itu, saya mengajak semua komponen masyarakat di Kecamatan Hampang ini untuk menyatukan tekad dan bergandengan tangan membangun dan memajukan Kecamatan Hampang demi masa depan yang lebih baik lagi.

              Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini. Semoga dengan kerukunan dan keharmonisan hidup antar umat beragama kita dapat mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin. Semoga dengan diresmikannya Gereja Santa Anastasia ini semakin meningkatkan kualitas umat baik dalam iman rnaupun dalam kehidupan sehari-harinya. Dan semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan bimbingan dan Cinta Kasih-Nya kepada kita semua. Amin.

Baca Juga:  Inilah Jalan Tuhan

 

Hampang, 20 Pebruari 2022

Camat Hampang

Saperiani, S.ST