Perkenalan Seminaris Seminari Menengah Santo Petrus Banjarmasin

Minggu (10/10/2021), bertepatan dengan Hari Minggu Biasa XXIX, dalam misa pukul 08.00 pagi, Paroki Katedral Banjarmasin kedatangan sejumlah anak muda mengenakan pakaian berwarna biru dan mengikuti misa bersama umat. Mereka adalah para seminaris dari Seminari Menengah Santo Petrus Keuskupan Banjarmasin. Mereka datang untuk mengikuti Perayaan Ekaristi bersama dengan umat sekaligus memperkenalkan Seminari Menengah Santo Petrus kepada umat Paroki Katedral Banjarmasin.

Misa pada pagi itu dipersembahkan oleh tiga orang imam yaitu RD Simon selaku Rektor Seminari Menengah St. Petrus Banjarmasin, RD Doso selaku staf di Seminari Menengah St. Petrus Banjarmasin, dan RP Ignas MSF selaku Pastor Paroki Katedral Keluarga Kudus Banjarmasin.

Sebelum mengawali homilinya, Romo Doso memberikan kesempatan kepada salah satu anak seminari yang berasal dari Paroki Katedral Banjarmasin yaitu Leon Rando dari Wilayah Stefanus untuk menceritakan bagaimana kehidupannya selama ini di seminari. Leon mengatakan bahwa kehidupan di seminari sangatlah menyenangkan, bisa bertemu dan berkumpul dengan banyak teman di seminari.

Promosi panggilan memperkenalkan Seminari Menengah St. Petrus dilakukan sebelum berkat penutup. Para seminaris diminta untuk maju ke depan, lalu Romo Simon memperkenalkan para seminaris satu per satu. Setelah itu, diputarkan video singkat tentang Seminari Menengah St. Petrus Banjarmasin sebagai bentuk dari promosi panggilan.

Setelah misa selesai, acara dilanjutkan dengan kegiatan di Aula Sasana Sehati kepada anggota SEKAMI, REKAT, dan Misdinar Paroki Katedral Banjarmasin. Kegiatan yang dilakukan adalah presentasi mengenai Seminari Menengah St. Petrus, penampilan dari seminaris, sharing, dan main games bersama. Setelah itu acara dilanjutkan dengan makan siang bersama. Setelah makan siang, kegiatan diisi dengan olahraga bersama seminaris yaitu bermain bulutangkis. Acara ditutup dengan foto bersama dan doa penutup.

Keakraban anggota misdinar, Sekami, REKAT bersama para seminaris

Banyak dari anggota Misdinar Paroki Katedral Banjarmasin yang mengatakan senang dengan adanya acara seperti ini. Selain menambah pengetahuan tentang seminari, mereka juga bisa mendapatkan kebersamaan dengan para seminaris walaupun hanya dalam hitungan jam bahkan tidak sampai satu hari. “Senang bisa mengikuti acaranya, semoga acara seperti ini dapat terus bisa dilaksanakan,” kata salah satu anggota misdinar.

Baca Juga:  Pater Aba, MSC: Teladan para Martir dan Kebanggaan sebagai Pengikut Kristus

(Komsos Paroki Katedral Banjarmasin)