Ketika diajukan sebuah pertanyaan, “Tanggal 1 Juli kita memperingati hari apa?” Sebagian besar jawaban masyarakat akan langsung mengarah pada Hari Bhayangkara. Tidak salah. Namun seberapa banyak masyarakat yang tahu bahwa setiap tanggal 1 Juli juga diperingati sebagai Hari Buah? Mungkin tidak banyak yang tahu karena Hari Buah ini tidak begitu populer, terutama di Indonesia. Berikut kami ajak Anda untuk mengenal Hari Buah Sedunia.

Berawal dari Semangat Solidaritas

Perayaan ini berawal pada 1 Juli 2007 di sebuah taman publik bernama Mauerpark di Berlin, Jerman. Pada waktu itu sejumlah buah-buahan dan kue buah (fruitcake) dibagikan kepada sekitar 400 orang untuk dimakan bersama teman, sahabat dan keluarga. Peristiwa itu merupakan wujud semangat berbagi dan solidaritas dengan sesama sekaligus memberikan inspirasi bagi siapa saja untuk menikmati hidup dengan buah.

Selanjutnya dalam peringatan Hari Buah setiap tahunnya, ditetapkan  tema tertentu dan dipilih sebuah buah yang mewakili tema peringatan. Pada peringatan Hari Buah tahun 2021 semangka (watermelon) dipilih sebagai Fruit Of The Year.  Tema yang diangkat adalah Create Change Together.

Buah-Buahan dan Makna Hari Buah

Hari Buah Sedunia, yang pada awalnya merupakan ungkapan solidaritas, kemudian menjadi peringatan untuk meningkatkan kesadaran orang-orang untuk berbagi buah kepada teman dan kerabat. Peringatan ini juga menjadi momentum untuk mengetahui sekaligus mencintai tentang keberadaan berbagai jenis buah dalam lingkungan sekitar dan khasiatnya bagi manusia.

Laman Direktorat Promosi Kesehatan-Kementrian Kesehatan RI menyatakan beberapa pengaruh positif peringatan Hari Buah Sedunia, sebagai berikut:

Pertama, dalam peringatan Hari Buah Sedunia WHO (World Health Organization) selalu memberikan informasi bahwa berbagai macam buah yang ada di sekitar kita sangat baik untuk dikonsumsi dalam jangka panjang dan juga mampu meminimalisir dan sekaligus menangani berbagai macam jenis penyakit yang dikategorikan skala yang kecil atau rendah. Penyakit ini bisa diatasi sejak dini hanya dengan mengonsumsi berbagai jenis buah tertentu. Contoh: Sariawan bisa diatasi dengan mengonsumsi jeruk yang kaya akan Vitamin C.

Baca Juga:  Menatang DIA dalam Kasih

Kedua, melalui peringatan Hari Buah Sedunia, semua kalangan masyarakat diajak untuk menghargai dan mencintai keberadaan beragam jenis buah-buahan dalam kehidupan sekitar. Selain mengatasi penyakit skala kecil, mengkonsumsi buah tertentu secara rutin juga dapat membantu (hingga beberapa persen) mengatasi penyakit skala besar. Contoh: Mengkonsumsi pisang bisa membantu mengatasi penyakit jantung.

Negara Indonesia, yang berada di daerah tropis yang memiliki keanekaragaman tumbuhan tertinggi di dunia, termasuk di dalamnya tanaman buah dan buah-buahan yang dihasilkannya. Aneka jenis tanaman buah dan buah-buahan segar dapat tumbuh dan ditemukan di sekitar kita. Oleh karena itu, patutlah kita bersyukur atas keberadaan kita di bumi Indonesia ini. Mari kita wujudkan rasa syukur itu dengan menanam tanaman buah dan jenis tanaman lain yang tidak merusak lingkungan serta memelihara tanaman buah yang tumbuh liar di hutan agar tidak musnah.

Selain itu, ingat selalu Fruit of The Year Tahun 2021 ini: SEMANGKA. Ayooo…semangat kawan.. semangat kakak….. kita konsumsi buah-buahan demi kesehatan tubuh dan untuk meningkatkan imunitas, terlebih di masa Pandemi seperti sekarang ini. (smr)