Renungan oleh RP. Ambrosius, MSF.

Jumat, 24 September 2021
PEKAN BIASA XXV

Hag. 2:1b-10
Luk. 9:19-22

 

Saudara/i yang terkasih…
‘Siapa’ adalah sebuah kata tanya yang sering digunakan oleh manusia untuk mencaritahu nama atau identitas seseorang.
Ada berbagai jawaban dapat kita temukan sesuai dengan pandangan dan sejauh mana mereka mengenal pribadi yang kita tanyakan.
Pengalaman ini dialami oleh Yesus. Dia meminta para murid untuk mengatakan pendapat orang banyak tentang siapa Diri-Nya. Namun karena jawabannya tidak sesuai dengan apa yang menjadi misi Yesus, maka Dia meminta para murid untuk memberi jawaban pribadi tentang “Siapa Diri-Nya?” Petrus mewakili para murid dengan tegas mengakui bahwa Yesus adalah “Mesias dari Allah”.
Jawaban dari Petrus adalah jawaban yang lahir dari pengalaman perjumpaan, hidup, dan kebersamaan dengan Yesus. Namun Petrus belum menyadari bahwa ke-Mesias-an Yesus harus dimahkotai dengan peristiwa Salib.

Saudara/i yang terkasih…
Dewasa ini, perdebatan tentang Siapa Yesus sangat gencar. Hal ini dapat kita jumpai di media sosial entah YouTube, Tiktok, FB dan lain-lain. Walaupun banyak yang memperdebatkan Siapa Yesus tetapi bagi kita orang Kristiani, Yesus adalah Mesias, Sang Penyelamat. Dia telah menyatakan kemegahan dan keagungan-Nya melalui peristiwa Salib : Sengsara, wafat dan kebangkitan-Nya. Inilah iman kita.
Selain itu, kita juga pasti memiliki jawaban pribadi tentang siapa Yesus sesuai dengan pengalaman hidup dan perjumpaan kita dengan Dia. Maka, marilah kita jawab pertanyaan Yesus ini : “Siapakah AKU menurut kamu?”
Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Lampu kota – Mu-Sa-Fir

Baca Juga:  Berani Ke Tempat yang Dalam dan Tebarkan Jala Kasih