Minggu, 21 November 2021, Gereja Katolik merayakan Hari Raya Kristus Raja Semesta Alam dan Gereja juga merayakan Hari Orang Muda Sedunia (HOMS) ke-36 tahun. Komisi Kepemudaan (KOMKEP) Keuskupan Banjarmasin menyambut HOMS, mengadakan berbagai rangkaian kegiatan sejak September yakni kunjungan dan pembekalan Orang Muda Katolik Dekenat Banjarbaru, Batulicin, dan Banjarmasin.

OMK Paroki St. Yosep Suriyan

RP. Edi Taran, MSC ketua KOMKEP Keuskupan Banjarmasin

Ketua KOMKEP Keuskupan Banjarmasin, Pastor Edi Taran, MSC menjelaskan secara khusus tentang HOMS kepada OMK di Dekenat. Ternyata banyak dari OMK belum mengetahui tentang apa, kapan, dan bagaimana konsep HOMS itu. KOMKEP meminta tindak lanjut pertemuan Dekenat agar seluruh OMK Paroki se-Keuskupan Banjarmasin dapat merayakan HOMS dengan kreativitas mereka bersama Pastor dan umat di Paroki. Surat himbauan beserta banner HOMS dikirimkan kepada seluruh Pastor Paroki se-Keuskupan Banjarmasin dengan tembusan ketua OMK Paroki-nya.

Alhasil Euforia perayaan HOMS sangat terasa di setiap Paroki maupun Dekenat. Dalam perayaan HOMS tahun ini, KOMKEP mengambil tema “ OMK adalah obat manjur melawan kelelahan Iman.” Tim KOMKEP mengajak rekan-rekan muda bergerak sesuai pesan Paus Fransiskus “Berdirilah, Pergilah untuk Menjadi Saksi tentang Apa Yang Kamu Lihat.”  OMK adalah faktor terpenting dalam masa depan Gereja, maka marilah kaum muda bergerak menjadi saksi Kristus serta selalu setia dan semangat di dalam pelayanan.

OMK dari berbagai paroki mengadakan berbagai acara seperti; rekoleksi, pertemuan sharing antar OMK dengan Gembala Paroki, promosi panggilan bersama Seminari Menengah Santo Petrus Banjarmasin, pelantikan pengurus OMK, kerja bakti, malam keakraban dan misa bersama. Tentu tidak lupa tetap melaksanakan dengan protokol kesehatan. Kegiatan dan kreativitas di berbagai OMK Paroki di dokumentasikan di sosial media OMK Paroki masing-masing dan juga dapat di lihat secara langsung di akun Instagram KOMKEP Keuskupan Banjarmasin ( @komkep.banjarmasin_ ).

Baca Juga:  Talenta Anak Muda dan Budaya Gotong Royong

Tanggapan positif diberikan pastor paroki dan OMK. Bro Anton, OMK Paroki Banjarbaru mengungkapkan harapannya,“Moment HOMS bisa menjadi kebangkitan OMK dalam memulai kembali gerakan berdinamika setelah mengalami masa pandemi covid-19 ini. Semoga ke depan OMK bisa menuangkan kreativitas dalam keterlibatan hidup Gereja masa kini dan masa depan.”