OMK Paroki Pelaihari dan OMK Paroki Halong mengikuti upacara Kemerdakaan RI bersama umat Paroki Pelaihari

Temu OMK Paroki Santa Theresia Pelaihari (Santher) dan OMK Paroki Santo Matius Halong (Mahal) sebenarnya sudah diwacanakan semenjak OMK Santher beberapa kali berkunjung ke Misi Meratus di Uren beberapa bulan yang lalu. Namun akhirnya baru terealisasi pada Hari Kemerdekaan Repulik Indonesia ke-77 ini, tepatnya 16 – 17 Agustus 2022 di Paroki Santa Theresia Pelaihari.

Acara diawali dengan registrasi peserta pada pukul 17.00 WITA. Selanjutnya para petugas liturgi Misa kemerdekaan dan petugas upacara bendera 17 Agustus 2022 berlatih bersama. Setelah itu diadakan dinamika kelompok yang bertujuan untuk bisa saling mengenal antar teman-teman OMK Santer dan OMK Mahal. Kegiatan hari itu ditutup dengan ibadat malam bersama.

Keesokan harinya, pada 17 Agustus 2022, para peserta diajak jalan santai bersama berkeliling kota Pelaihari pada pukul 05.30 WITA. Usai mandi dan sarapan, acara dilanjutkan dengan Misa yang dipimpin oleh RP. Jufri Kano, CICM dan RP. Klemens Bhajo, CICM. Setelah itu, para peserta mengikuti upacara Perayaan Kemerdekaan RI bersama umat di halaman Gereja dengan Pembina upacara RP.  FX. Daru Pancoro, CICM.

Outbond untuk mengakrabkan peserta

Setelah upacara bendera selesai teman-teman OMK memasuki aula Gereja untuk meneruskan acara selanjutnya yaitu cerdas cermat per kelompok. Pertanyaan yang diajukan seputar sejarah kemerdekaan, pahlawan nasional, pancasila, ibukota, tarian daerah, alat musik daerah, lagu daerah dan rumah adat. Diharapkan dengan pertanyaan-pertayaan seputar ini bisa menambah dan mengingat kembali pengetahuan tentang Indonesia dan semakin cinta lagi dengan keanekaragaman suku budaya kita.

Usai lomba cerdas cermat kelompok, acara dilanjutkan dengan lomba-lomba atau outbond per kelompok. Beberapa permainan yang diadakan yaitu permainan tradisional 17 Agustusan. Kegiatan lomba berjalan sangat seru dan kompetitif. Menjelang sore hari kegiatan lomba-lomba pun selesai dan dilanjutkan dengan persiapan pentas seni per paroki. Pentas seni pertama yang ditampilkan yaitu parade nusantara dari para penari OMK Santher. Penampilan kedua dari OMK Mahal dengan membawakan lagu daerah yang berjudul “Balangan Sayang” dan pentas seni yang terakhir yaitu penampilan tarian tiktok medley oleh seluruh anggota OMK Santher. Sampai penghujung acara ditutup dengan doa dan berkat penutup dari Romo Klemens Bhajo, CICM.

Baca Juga:  Meneladani Hati Bunda Maria Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Setelah itu acara bebas. Para peserta mengadakan BBQ bersama, ada pula yang bernyanyi dan ada pula yang  tukar cerita.

Foto bersama peserta dan pendamping Temu OMK