Ketetapan LP3KN Nomor: 67/RAKER-LP3K/V/2022 menyatakan bahwa Paduan Suara Anak-Anak, Paduan Suara Remaja Gregorian, Paduan Suara Campuran OMK, Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian, Paduan Suara Dewasa Wanita akan berlangsung non tatap muka. Kelima kategori tersebut akan tampil dalam bentuk video yang direkam di daerahnya masing-masing.

Paduan Suara Remaja Gregorian – Kalimantan Selatan

Paduan Suara Campuran OMK – Kalimantan Selatan

Sebagai persiapan perekaman video paduan suara yang akan dikirim ke Panitia Pesparani Nasional ke-2, maka LP3KD Kalimantan Selatan menggelar uji coba panggung untuk kelompok Paduan Suara Remaja Gregorian, Paduan Suara Campuran OMK, Paduan Suara Dewasa Pria Gregorian, Paduan Suara Dewasa Wanita serta Paduan Suara Dewasa Campuran. Kegiatan yang berlangsung pada Minggu, 21 Agustus 2022 di Ballroom Hotel Pop, Banjarmasin tersebut juga dihadiri oleh Kepala Pembimas Katolik Provinsi Kalimantan Selatan, F.Toniadi dan wakil ketua LP3KD Kalimantan Selatan, RD. Yohanes Susilohadi.

Selain sebagai sarana penyesuaian tempat dan suasana bagi para kontingen yang akan melakukan perekaman, kegiatan tersebut juga dimaksudkan untuk mengevaluasi kemajuan masing-masing kelompok Paduan Suara. Oleh karena itu, meskipun Paduan Suara Dewasa Campuran akan berlaga secara tatap muka di Kupang, pada kesempatan itu mereka diberikan kesempatan untuk tampil agar mendapatkan evaluasi dari tim pelatih yang dikoordinir oleh Andreas Nua.

Paduan Suara Pria Gregorian – Kalimantan Selatan

Kegiatan diawali dengan doa pembukaan oleh MC dan kata sambutan oleh wakil ketua LP3KD Kalimantan Selatan, RD. Yohanes Susilohadi. Selanjutnya masing-masing kelompok paduan suara melakukan uji coba panggung dengan membawakan lagu wajib dan lagu pilihan dan kemudian mendapat masukan serta evaluasi dari pelatih kelompok paduan suara lainnya. Pada kesempatan itu, paduan Suara Anak-Anak yang diwakili oleh Paroki Santo Yoseph Suriyan tidak ditampilkan mengingat jarak perjalanan yang cukup jauh ( sekitar 7 jam perjalanan darat). Mereka akan melakukan uji coba panggung di gereja Suriyan dan akan perekaman dilakukan di lokasi tersebut.

Paduan Suara Dewasa Wanita – Kalimantan Selatan

Dalam evaluasi secara umum, koordinator tim pelatih, Andreas Nua mengingatkan agar setiap setiap kelompok paduan suara dapat berlatih secara maksimal sebelum perekaman pada pertengahan September mendatang.  Mantan Pembimas Katolik Provinsi Kalimantan Selatan ini juga meminta para pelatih menanyakan pada para pastor pengucapan kata-kata dalam Bahasa Latin yang benar mengingat hampir setiap kategori menyanyikan lagu-lagu Gregorian dan lagu-lagu berbahasa Latin. Diharapkan juga agar setiap kelompok paduan suara melakukan training center (vocal clinic – red) agar kemampuan setiap individu dalam paduan suara dapat diasah sehingga setiap anggota dapat menyanyikan lagu-lagu lomba dengan benar.

Baca Juga:  Paus Fransiskus Membuka Sinode Para Uskup: Merayakan Sinode berarti Berjalan di Jalan yang sama

Uji coba panggung ditutup dengan foto bersama, doa penutup dan doa makan serta santap siang bersama. (smr)

Foto bersama seluruh peserta, pelatih dan panitia