Minggu, 21 November 2021
HR. KRISTUS RAJA SEMESTA ALAM

Dan. 7:13-14
Why. 1:5-8
Yoh. 18:33b-37

 

Saudara/i yang terkasih…
Dalam dunia dewasa ini, salah satu hal yang diperebutkan banyak orang adalah takhta atau kekuasaan. Mengapa? Bagi saya, alasan mendasarnya adalah karena kekuasaan menjadi alat untuk menguasai sesama.
Hari ini bersama seluruh Gereja, kita merayakan Hari Raya Tuhan kita Yesus Kristus Raja Semesta Alam. Dalam perayaan ini, kita diajak melalui bacaan-bacaan Suci untuk merenungkan dan merefleksikan bahwa Allah adalah satu-satunya yang berkuasa atas Surga dan bumi dan kekuasan-Nya diberikan kepada Putera Tunggal-Nya Yesus Kristus Tuhan kita.

Saudara/i yang terkasih
Nabi Daniel dalam penglihatannya, melihat Seorang seperti Anak Manusia yang diserahi kekuasaan sebagai raja dan kekuasaan-Nya kekal abadi.
Rasul Yohanes juga dalam penglihatannya melihat Yesus Kristus yang datang dalam awan-awan dengan kekuasaan-Nya. “Dia adalah Alfa dan omega. Semua bangsa akan meratapi Dia”.
Bahkan Pilatus juga mengakui Yesus adalah Raja melalui pertanyaan : “Jadi Engkau adalah raja?”. Pertanyaan Pilatus ini menegaskan bahwa Yesus adalah raja. Namun Yesus sendiri menegaskan bahwa Kerajaan-Nya bukan dari dunia ini melainkan dari Allah Bapa-Nya.

Saudara/i yang terkasih…
Setiap kekuasaan duniawi akan berlalu dan diganti dengan kekuasaan Allah yang kekal dan diakhir zaman, Anak Manusia akan datang dengan kekuatan dan kekuasaan-Nya untuk mengadili kita. Maka kita harus membiarkan diri kita seutuhnya dipimpin, dikuasai dan dirajai oleh Allah dengan perantaraan Yesus Kristus raja semesta alam. Dengan itu, kita mampu hidup seturut teladan Yesus dan dalam bimbingan Roh Kudus. Marilah kita menyembah Yesus Kristus Sang Raja dalam Roh dan kebenaran. Kita juga harus hadir untuk memperjuangkan keadilan bagi sesama yang tertindas. Semoga doa Keluarga Kudus Nazareth membantu kita. Tuhan memberkati kita. Amin

Baca Juga:  Semangka di Hari Buah Sedunia

(P. A. L. Tereng MSF)
Suara alam – Mu-Sa-Fir